0

Ada Toilet Tapi Tak Terawat di Merbabu via Wekas, Salah Siapa?

  • 27 Juni 2018 09:14

(Mounture.com) — Ada yang berbeda dari jalur pendakian Gunung Merbabu via Wekas yaitu adanya toilet umum. Toilet umum ini berada tepatnya di Pos II jalur Wekas.

Di Pos II ini terdapat toilet beserta bak penampungan air atau toren, hal ini tentunya membuat kaget beberapa pendaki yang sebelumnya hanya mendapati pipa-pipa yang sudah dilubangi.

Kendati sudah difasilitasi dengan toilet umum, namun rasa untuk menjaga kebersihan dari para pengunjung masih terbilang kurang. Hal ini diungkapkan akun Instagram @butorleones yang mengatakan bahwa keadaan dari toilet umum itu tidak terawat.

Banyak botol berserakan di dalam, sampah ataupun tisu yang seperti sengaja dibuang di area toilet. Malah terkesan ga terawat. Aku pribadi malah ‘ga berani’ untuk menikmati ruangan 2×1 meter ini. Baunya hmmmmm…. pake masker tripel pun tembus,” katanya.

Dia mengatakan, dengan keadaan seperti itu dirinya pun akhirnya masih melakukan ritual lama yaitu dengan menggali tanah. “Alhasil aku masih percaya dengan ritual lama, tebar ranjau di semak-semak,” ujar dia.

Jadi, lanjut dia, kesini cuma ambil stok air di bawah bak plastik orange penampungan air. Pipa peralon bak air ini sengaja di kendorkan baut pipanya, sehingga airnya keluar dari pipa pralon, pelan2. “Jadi ngambil airnya ga harus masuk ruangan sauna tadi,” tuturnya. (MC/DC)

Foto: dok. Instagram/@butorleones