Tidur Lelap di Gunung, Ini Caranya

(Mounture.com) — Ketika melakukan pendakian ke gunung, beristirahat yang cukup saat di gunung adalah salah satu bentuk pemulihan stamina agar bisa fit saat kembali akan melanjutkan perjalanan.

Namun, terkadang ada beberapa persoalanya yang membuat istirahat tidak tenang saat di gunung, salah satunya adalah suhu yang dingin. Nah, berikut ini tips agar bisa tidur lelap di gunung supaya stamina kembali baik.

1. Persiapkan pakaian dan perlengkapan yang mumpuni

Seperti menggunakan jaket, syal, atau penutup kepala, lalu menggunakan sleeping bag yang memiliki ketebalan cukup untuk menghangatkan badan saat tertidur. Selain itu, pemilihan tenda yang baik, juga memiliki peran dalam hal pelindung dari terpaan udara dingin di gunung.

2. Makan yang cukup

Makanlah sebelum tidur. Nyemil aja cukup dan jangan terlalu kenyang. Bila perut terisi akan membuat badan jadi hangat karena adanya proses pembakaran energi. Jadi, jangan tidur dalam kondisi perut kosong.

3. Minum yang hangat

Setelah makan, minumlah dengan air hangat buat menghangatkan badan. Seduh teh atau minuman sachet apa aja yang penting hangat.

4. Lakukan sedikit gerak jika menggigil kedinginan

Jika kebangun gara-gara menggigil, coba lakukan sedikit gerak. Misalnya dengan memutar-mutar badan dan menggerak-gerakkan tangan. Dengan bergerak, otomatis akan terjadi pembakaran dalam tubuh sehingga efek menggigil berkurang.

5. Masukan pakaian ganti ke dalam sleeping bag jika masih kedinginan

Dengan memasukkan pakaian ke dalam sleeping bag maka insulasinya bertambah. Dengan begitu panas tubuh akan lebih cepat diserap oleh sleeping bag.

6. Pakai pakaian rangkap

Coba pakai pakaian rangkap. Jaket rangkap dua, celana dobel, dan kaos kaki dobel dua. Jika masih menggigil kosongkan tas carrier dan masukkan kaki Anda ke dalamnya. Karena kaki merupakan salah satu bagian tubuh yang rawan terkena hawa dingin.

7. Tidur berdempet-dempetan

Jika dalam satu tenda ada lebih dari satu orang dan semuanya kedinginan, cobalah trik yang satu ini. Cara ini efektif untuk mentransfer hawa panas dari tubuh. Tidak perlu saling berpelukan, cukup dengan tidur berhimpitan saja sudah cukup.

8. Jangan memakai pakaian yang basah

Usahakan selalu mengganti pakaian saat akan tidur, pasalnya jika pakaian yang tidak baru berpotensi basah maka akan membuat tubuh menjadi lebih kedinginan.

9. Tenangkan pikiran

Tenangkan pikiran sebelum tidur, tidak usah memikirkan hal-hal lain agar tidur bisa lebih rileks. (MC/RL)

Foto: dok. Rei.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.