Memilih Teman Pendakian ke Gunung

(Mounture.com) — Melakukan petualangan ke alam bebas, khususnya mendaki gunung merupakan kegiatan seru dan berkesan, terlebih jika bersama dengan teman-teman yang mengasyikkan pula. Tak jarang, kondisi lelah berjalan saat pendakian menjadi lebih santai dan nikmat jika bersama teman-teman.

Mendaki gunung bersama teman atau travel-mate tentunya bakal memberi kesan yang berbeda. Nah untuk itu, memilih teman pendakian yang seru dan asyik pun perlu dipertimbangkan, bukan karena milih-milih teman ya, tapi memang perjalanan mendaki bukan untuk sembarang teman. Pasalnya butuh solidaritas tinggi dan juga memiliki rasa kekeluargaan juga.

Berikut ini cara memilih teman mendaki gunung, khususnya bagi pendaki pemula seperti dirangkum dari berbagai sumber.

1. Pastikan kalian memilih teman mendaki yang cukup berpengalaman dan mengenali medan. Selain dapat membantu anggota lainnya jika terjadi suatu hal, kalian juga bisa belajar hal-hal baru dari mereka. Setidaknya di dalam tim, terdapat satu orang yang punya pengalaman dan keterampilan yang baik tentang pendakian gunung.

2. Pastikan memilih teman mendaki yang mau diajak berbagi, baik itu dari segi logistik, kebutuhan perlengkapan mendaki, atau bahkan berbagi ilmu. Karena, perjalanan adalah soal berbagi dan bertukar pengalaman.

3. Carilah teman yang bisa diajak bekerja sama atau teamwork, berbagi sama beban, dan bisa diajak seru-seruan. Karena kerja sama seperti ini sangat diperlukan, khususnya ketika membangun tenda, memasak, mencari air, dan lainnya.

4. Pilihlah teman yang mau merasakan susah dan senang bareng, atau paling tidak bisa saling support dan menguatkan. Karena teman seperti ini tidak akan meninggalkan kalian dalam keadaan kesulitan sekali pun.

5. Dan yang terakhir, sebelum mencari teman mendaki, kalian harus lebih dulu introspeksi diri. Jangan sampai banyak menuntut lebih kepada orang lain, sementara kalian tidak mengoreksi diri sendiri. (MC/RL)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.