Teknik Buat Perangkap untuk Menangkap Hewan

(Mounture.com) — Ketika kalian dihadapkan pada situasi darurat saat bertualang dan perbekalan sudah tidak memadai, maka langkah selanjutnya untuk tetap bertahan hidup di hutan adalah mencari sumber makanan.

Kebutuhan sumber makanan bisa dicari mulai dari berburu, memasang jebakan atau trap hingga mencari tumbuhan-tumbuhan di sekitar lokasi. Hal ini dilakukan tentunya saat kebutuhan shelter, air, dan api sudah terpenuhi.

Adapun untuk teknik membuat jerat atau perangkap bisa kalian gunakan ketika dalam kondisi darurat. Berikut ini adalah hal yang harus diperhatikan dalam membuat jerat untuk menjebak hewan seperti unggas dengan alat dan cara yang sederhana seperti dirangkum dari laman eigeradventure.com.

1. Mencari lokasi yang tepat.

Buatlah perangkap pada jalur yang sering dilewati hewan atau tempat mereka mencari makan.

2. Siapkan peralatan jerat.

Perangkap dibuat dengan jerat yang kuat seperti tali. Kemudian buatlah dengan simpul geser (laso knot) pada tali perangkap. Umumnya untuk hewan yang berukuran kecil seperti unggas, dapat digunakan perangkap tali sederhana yang diletakkan di atas tanah.

3. Simpan umpan seperti beras atau biji-bijian yang sudah kalian persiapkan sebelumnya di dalam survival kit. Jika tidak, kalian juga bisa menggunakan sisa-sisa perbekalan sebagai umpan.

4. Lakukan pengecekan secara berkala dengan rentang waktu yang sudah kalian tentukan.

5. Jika sudah selesai, bersihkan kembali jerat ketika kalian akan meninggalkan lokasi. Selain itu, perhatikan juga untuk tidak menjerat hewan yang dilindungi di kawasan tersebut. (MC/PC)

Foto: dok. Eiger

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.