Mau Beli Jaket Gunung? Ini Tips Memilihnya

(Mounture.com) — Jaket gunung adalah salah satu perlengkapan penting dalam sebuah pendakian. Benda ini berfungsi untuk melindungi tubuh kita dari suhu dingin di alam terbuka khususnya di gunung yang kita daki. Dalam memilih jaket gunung ini sebaiknya sesuai kebutuhan dan gaya kita sendiri supaya lebih bisa merasakan manfaatnya.

Nah, berikut ini beberapa tips memilih jaket gunung yang baik seperti dikutip dari laman Cozmeed.

1. Bahan

Untuk jaket gunung yang tahan angin dan air pilihlah dengan bahan luar Gore-tex, karena bahan ini mampu menahan hembusan angin dan air hujan, ditambah lagi bahan dalam menggunakan polar maka akan menambah hangat jaket tersebut.

Akan tetapi tidak semua pendaki akan memilih jaket jenis ini pada saat melakukan perjalanan pendakian melainkan pada saat tidur saja, dikarenakan akan terasa panas jika memakai jaket gunung ini pada saat perjalanan.

2. Kantong

Pilih jaket gunung yang mempunyai kantong sedikit. Jika kantong terlalu banyak, maka resiko angin atau air masuk akan semakin besar dikarenakan adanya jahitan di area tersebut.

Kantong dapat berfungsi untuk menaruh barang-barang kecil kita yang sewaktu-waktu dibutuhkan dalam perjalanan. Sehingga tidak perlu repot-repot membongkar Carrier kita. Bisa juga berfungsi untuk menyimpan sampah sementara seperti bungkus permen, snack, dll. Bisa juga untuk menghangatkan tangan ketika dibutuhkan.

3. Perekat

Pilih jaket gunung yang terdapat perekat pada depan resleting dan di pergelangan tangan. Fungsinya untuk menahan air ataupun angin masuk melalui resleting ataupun lubang di pergelangan.

4. Penutup Kepala

Jika tujuannya adalah untuk pendakian maka pilihlah jaket gunung yang mempunyai penutup kepala. Fungsinya adalah untuk menghangatkan telinga dan kepala, melindungi dari panas dan hujan.

5. Warna

Memilih warna cerah untuk jaket gunung adalah pilihan yang baik, selain mampu menyerap panas dengan baik di siang hari, warna cerah juga berfungsi supaya kita mudah terlihat di keadaan gelap, yaitu saat malam hari. (MC/RL)

Foto: dok. Cozmeed

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.