0

Pesona Menawan di Gunung Api Banda

  • 30 September 2019 07:04

(Mounture.com) — Jika kalian ingin menikmati pesona alam gunung dan lautan secara bersamaan, pilihannya adalah berkunjung ke gunung api Banda. Ya, gunung api yang masih aktif ini memiliki ketinggian 656 meter di atas permukaan laut (mdpl) yang berada di tengah-tengah kepulauan bernama Kepulauan Banda.

Gunung yang terletak di Provinsi Maluku ini sebenarnya memiliki nama asli Ganapus, tapi lebih populer dengan sebutan Gunung Api Banda dan menjadi ‘landmark’ utama dari Kepulauan Banda yang menyapa setiap pengunjung kepulauan penghasil rempah di Maluku Tengah.

Gunung api Banda merupakan sebuah pulau yang diapit 2 pulau besar, yaitu Banda Besar dan Naira yang bisa didaki dari lereng selatannya. Jika dalam kondisi fit, puncak Ganapus bisa dicapai dalam waktu 3-4 jam.

dok. pesona.travel

Meski tidak terlalu tinggi, namun jalurnya terbilang cukup menantang. Dengan elevasi rata-rata 45 derajat, dengan batu-batu kerikil sisa letusan di sepanjang rute pendakian. Dalam informasi yang dikutip dari pesona.travel disebutkan bahwa untuk berkunjung ke Gunung api Banda ini waktu terbaik untuk memulai pendakian sekitar pukul 4 pagi, agar bisa mencapai puncak sebelum matahari terbit.

Adapun hutan dari gunung ini terbilang cukup lebat tetapi pohon yang menaungi jalur pendakian hanya sampai sekitar setengah dari tubuh gunung ini, sisanya adalah vegetasi berupa semak. Bahkan ketika di puncak, sudah tidak ada lagi tumbuhan selain rumput.

Begitu mendekati puncak, bau belerang akan tercium sangat kuat. Dari puncak, pendaki bisa melihat kawah Ganapus yang masih mengepulkan asap di sebelah barat, dan pulau Naira dan Banda Besar di sebelah timur. Dari sela-sela bebatuan di sekitar puncaknya juga masih terasa hembusan udara panas dari kawahnya. (MC/PC)

Sumber dan Foto: pesona.travel