Manfaat Gunakan Kacamata Hitam saat Pendakian

Mounture.com — Bagi sebagian pendaki gunung, aksesoris saat melakukan pendakian merupakan salah satu hal penting yang perlu diperhatikan. Salah satunya adalah penggunaan kacamata hitam saat beraktivitas di alam bebas itu.

Namun, selain untuk menambah nilai dari segi penampilan, ternyata penggunaan kacamata hitam saat melakukan pendakian memiliki banyak manfaat loh. Berikut ini beberapa manfaat penggunaan kacamata hitam saat pendakian seperti dirangkum dari berbagai sumber.

1. Melindungi mata dari sinar matahari

Saat dalam perjalanan mendaki gunung di siang hari, terik sinar matahari terkadang membuat silau atau bahkan bisa membuat lelah mata. Penggunaan kacamata hitam bisa melindungi mata dari sinar matahari, menjadikan pandangan lebih sejuk dan bisa menjauhkan mata dari kelelahan.

2. Mencegah kerusakan mata

Matahari memancarkan suatu jenis sinar yang paling bisa merusak mata, yaitu sinar ultra violet (UV). Paparan sinar UV tidak hanya bisa menyebabkan kerusakan pada permukaan kulit kelopak mata, tapi bagian mata lainnya seperti kornea, lensa dan retina. Kacamata hitam berfungsi melindungi mata dari paparan sinar UV.

3. Menghindari terkena risiko keratitis

Berjemur terlalu lama di bawah sinar matahari tanpa menggunakan kacamata hitam berisiko menyebabkan keratitis. Gejala keratitis berupa sensasi perih dan mata bengkak akibat kornea mengalami peradangan.

4. Mencegah penyakit mata

Selain faktor usia, faktor penyebab katarak pada mata lainnya adalah sinar UV. Bahkan sinar UV juga diduga menjadi penyebab timbulnya penyakit mata lainnya, seperti pterygium, pinguekula (benjolan kuning pada selaput tipis di bagian putih mata) dan degenerasi makula. Dengan menggunakan kacamata hitam, kalian akan meminimalisir risiko terkena penyakit mata tersebut. (MC/RIL)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.