Mendaki Gunung Ciremai Wajib Minimal 4 Orang, Ini Alasannya

dok. Cozmeed

Mounture.com — Taman Nasional Gunung Ciremai (TNGC) dalam ketentuan pendakiannya, menyebutkan bahwa pendaki yang akan mendaki ke Gunung Ciremai diwajibkan minimal 4 orang dalam satu rombongan. Adapun ketentuan itu diberlakukan TNGC bukan tanpa alasan.

Melansir akun instagram resmi TNGC, @gunung_ciremai, dijelaskan bahwa ketentuan untuk bisa mendaki Gunung Ciremai dengan mewajibkan satu rombongan minimal 4 orang dikarenakan tim pendakian harus memiliki urutan dan juga tugas masing-masing dalam tim tersebut.

Tugas masing-masing dengan minimal 4 orang pendaki itu secara berurutan diantaranya navigator, leader, logistic man, dan sweeper. Adapun untuk navigator bertugas menjadi penasehat dari leader, merencanakan, memberitahu posisi, estimasi waktu, dan pemberi informasi penting.

Sementara untuk leader bertugas untuk memastikan keamanan, ketertiban, kenyamanan, dan keselamatan tim pendakian. Lalu untuk logistic man, memastikan ketersediaan peralatan, dan konsumsi tim. Dan terakhir yaitu sweeper yang memastikan tim mendaki di jalur yang benar, serta mencari bantuan dalam keadaan darurat.

Karena pentingnya tugas dan fungsinya masing-masing itu, maka pendakian ke gunung harus dilakukan setidaknya minimal 4 orang demi kelancaran, keamanan, dan keselamatan selama menjalankan pendakian. Hal itu pula yang diterapkan oleh TNGC untuk semua pendaki yang akan mendaki ke gunung tertinggi di Jawa Barat itu.(MC/RIL)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.