Kemenparekraf Gandeng Motorbaik Sosialisasikan Prokes via Motourism 2020

Rombongan komunitas Motorbaik saat kegiatan Motourism 2020

Mounture.com — Demi memulihkan sektor pariwisata yang terpuruk akibat pandemi Covid-19, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) menggandeng komunitas penggemar sepeda motor kalangan selebritas yakni Motorbaik dalam program sosialisasi penerapan protokol kesehatan (prokes) di kawasan wisata.

Mengusung tema ‘Motourism 2020’, Kemenparekraf mengajak para selebritas seperti Ananda Omesh, Gading Marten, Imam Darto, Ferry Maryadi, Poppy Sovia, Surya Insomnia, Adinda Thomas dan Denny Chasmala ikut mengampanyekan program protokol kesehatan di lokasi parwisata termasuk hotel dan restoran di Yogyakarta, Solo, Banyuwangi dan Bali mulai 9 – 15 November 2020.

Direktur Pemasaran Pariwisata Region I Kemenparekraf, Vinsen Jemadu, mengatakan bahwa pemilihan Motorbaik atas dasar hasil evaluasi yang dilakukan terhadap gerakan mereka selama empat tahun terakhir.

“Ini sebagai awalan program bersama Motorbaik yang berbasis komunitas motor. Kita pilih karena mereka para public figure yang bisa mempromosikan dengan luas mengenai protokol kesehatan di lokasi wisata yang sudah kita buat,” ujarnya dalam keterangan tertulis, Senin, 16 November 2020.

Menurut dia, hal ini berkaitan juga dengan kampanye pariwisata internasional di masa pandemi di mana lokasi wisata itu harus aman, nyaman, sehat dan bersih. “Diharapkan kerja sama dengan mereka bisa menumbuhkan kepercayaan masyarakat untuk bisa berkunjung lagi ke tempat wisata, dengan kebiasaan normal baru,” tutur Vinsen.

Sementara Ananda Omesh dari Motorbaik, mengungkapkan bahwa Motorbaik sebagai sebuah gerakan moral untuk menyebarkan kebaikan dengan media sepeda motor ikut mendukung langkah pemulihan industri pariwisata nasional ini.

“Melalui acara touring motor ke beberapa kota serta mengunjungi tempat pariwisata yang mulai menerapkan kebiasaan baru diharapkan bisa menjadi daya tarik masyarakat untuk berwisata lokal,” kata Omesh.

Nia Niscaya, Deputi Bidang Pemasaran Kemenperekraf, menjelaskan selain pihaknya punya tugas pengembangan citra, pengembangan pasar dan promosi, tapi juga kemitraan.

“Kita mencari mitra program pemerintah salah satunya dengan Motorbaik. Kita terus mengedukasi masyakarat pentingnya protokol kesehatan melalu bahasa mereka yang mungkin akan lebih didengar. Salah satu pesannya adalah pergerakan untuk menjadi traveller yang bertanggung jawab dengan tetap melaksanakan 3M,” jelas Nia. (MC/RIL)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.