0

Liburan Aman dan Nyaman Dengan Kendaraan Pribadi, Perhatikan Hal ini

  • 30 Desember 2018 10:06

 

(Mounture.com) — Berlibur bersama keluarga adalah waktu yang paling dinantikan. Momen tersebut pun harus mempersiapkan segala hal agar menjadi lebih aman dan nyaman, khususnya bagi yang akan berlibur dengan menggunakan kendaraan pribadi.

Adapun berlibur dengan kendaraan pribadi harus memperhatikan beberapa aspek untuk menjaga keamanan dan kenyamanan. Berikut ini tips menambah keamanan dan kenyamanan selama dalam perjalanan seperti dikutip dari keterangan resmi Daihatsu, Minggu (30/12).

1. Pastikan kendaraan dalam kondisi yang siap dan aman, mulai dari bagian mesin seperti oli, air radiator, rem, ban dan lampu-lampu. Apabila angka Odometer sudah mendekati waktu service berkala, dapat membawa mobil ke bengkel resmi terdekat.

2. Taruh muatan di dalam kabin mobil sehingga lebih aman ketika berada di tempat umum. Perhatikan juga muatan dalam kabin, jangan sampai menghalangi visibilitas kaca spion ke arah belakang mobil, periksa juga tekanan angin pada ban.

3. Apabila dalam perjalanan yang panjang, pastikan kesehatan terutama pengemudi dalam kondisi yang prima. Beristirahatlah dan lakukan senam kecil, setiap 2 jam perjalanan.

4. Gunakan fitur kendaraan sesuai dengan peruntukkan, seperti selalu menggunakan sabuk pengaman, penggunaan lampu hazard hanya dalam kondisi darurat.

5. Kemudikan mobil dengan baik dan benar dengan memperhatikan kondisi di sekitar, selalu waspada dan hindari rem mendadak dengan selalu menjaga jarak aman, selalu hidupkan lampu sein saat ingin pindah jalur, dan jangan menggunakan ponsel saat mengemudi.

6. Bawa perlengkapan yang dibutuhkan seperti dongkrak, ban cadangan, kotak P3K, kunci-kunci, serta tool kit lainnya.
7. Patuhi peraturan, dan rambu lalu lintas, serta membawa kelengkapan surat-surat yang diperlukan. (MC/DC)

Foto: dok. Google Image