Kaki Kram saat Pendakian? Lakukan Hal Ini

(Mounture.com) — Aktivitas pendakian ke gunung merupakan salah satu kegiatan yang banyak menguras tenaga. Tak jarang ketika melakoni kegiatan pendakian, faktor kelelahan membuat sebagian pendaki mengalami berbagai masalah. Salah satunya adalah kram kaki.

Namun, tak perlu khawatir ketika mengalami kram kaki saat sedang melakukan trekking. Berikut ini beberapa tips yang kalian harus ketahui ketika mengalami kaki kram yang dirangkum dari berbagai sumber.

1. Ketika merasa kaki mulai kram, maka kalian harus segera melepaskan semua beban yang ada pada badan kalian, termasuk tas carrier dan barang-barang yang memiliki kapasitas cukup berat. Hal ini berguna untuk mengurangi beban yang ada di badan kalian.

2. Setelah melepaskan semua beban yang ada di badan kalian, maka duduklah perlahan dengan santai. Tak perlu terburu-buru dan pilihlah tempat yang nyaman untuk duduk.

3. Ketika duduk, luruskan kaki yang kram tadi. Ingat, jangan langsung dipaksa lurus. Diam sejenak, jangan banyak melakukan gerakan.

4. Sembari meluruskan kaki, minumlah air mineral secukupnya. Tenangkan diri, jangan panik.

5. Setelah itu, kalian bisa menggunakan obat oles untuk nyeri persendian (biasanya banyak beredar di pasaran) dengan mengoleskan ke bagian yang kram sembari dilakukan pemijatan secara pelan dan nyaman.

6. Jangan terburu-buru untuk kembali melakukan perjalanan. Tunggu hingga agak reda kram-nya. (MC/MF)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.