Mengenal Jalur Thekelan di Gunung Merbabu

(Mounture.com) — Gunung Merbabu yang berada di tiga wilayah, yaitu Semarang, Boyolali, dan Magelang, Jawa Tengah merupakan salah satu gunung favorit pendaki. Gunung dengan ketinggian 3.145 meter di atas permukaan laut (mdpl) itu memiliki 5 jalur pendakian resmi, yakni Thekelan, Cuntel, Wekas, Suwanting, dan Selo.

Nah, kali ini Mounture.com, akan membahas mengenai jalur pendakian Thekelan di Gunung Merbabu. Untuk bisa mendaki melalui jalur ini, pendaki bisa menempuhnya melalui Desa Batur, Kecamatan Getasan, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah.

Jalur pendakian Thekelan ini memiliki panjang sekitar 6,10 kilometer yang bisa ditempuh dengan perjalanan kurang lebih 8 jam menuju ke Puncak Trianggulasi. Untuk menuju puncak Trianggulasi, pendaki akan melewati Puncak Syarif dan Puncak Kenteng Songo.

Pada jalur Thekelan ini, pendaki akan melalui sebanyak 12 pos, yaitu dari Base Camp Thekelan, Pos 1 Pending, Pos 2 Pereng Putih, Pos 3 Gumuk Mentul, Pos 4 Lempong Sampan, Watu Gubuk, Pemancar, Hellipad, Geger Sapi, Puncak Syarif, Puncak Kenteng Songo dan Puncak Trianggulasi. Pendaki juga akan menemui beberapa sumber mata air, sehingga pendaki bisa mengisi persedian air.

Adapun pendaki bisa mendapatkan pemandangan pegunungan di sebelah utara dan barat diantaranya adalah Gunung Telomoyo, Gunung Andong, Gunung Ungaran, Gunung Sindoro dan Gunung Sumbing. Jika melalui jalur ini, pendaki akan bertemu dengan batas tiga kabupaten (Semarang, Magelang, dan Boyolali), pertemuan antara jalur pendakian Cuntel, Wekas dan Thekelan. (MC/RL)

Sumber dan Foto: tngunungmerbabu.org

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.