Ini Tumbuhan di Alam Bebas yang Bisa Dimakan

(Mounture.com) — Melakukan petualangan di alam bebas, merupakan salah satu kegiatan yang ekstrim. Di mana dalam situasi tertentu, penggiat alam bebas ini pun harus mampu bertahan hidup dengan kondisi di alam yang terbuka.

Untuk bisa bertahan hidup di alam bebas, seperti di hutan atau di gunung, penting untuk kita mengetahui tumbuhan apa saja yang bisa untuk dimakan atau dikonsumsi demi keberlangsungan hidup kita ketika dalam kondisi terburuk.

Berikut ini adalah beberapa tumbuhan yang dapat kita konsumsi yang bisa dijumpai di alam bebas seperti dirangkum dari berbagai sumber.

1.Tumbuhan Palem

Tumbuhan palem hidup di berbagai tempat, kita juga bisa menemuinya di alam bebas. Kita bisa memanfaatkan buahnya untuk dimakan. Contohnya adalah kelapa, Sagu, dan siwalan.

2. Jambu

Pohon jambu seringkali tumbuh di alam liar karena penyebaran dari hewan. Apabila kita menemuinya kita bisa memakannya.

3. Tumbuhan Merambat

Tumbuhan merambat juga memiliki buah dan daun yang dapat kita konsumsi. Akan tetapi perlu diperhatikan, bahwa tidak semua tumbuhan merambat bisa dimakan. Tumbuhan merambat yang bisa dimakan hanyalah tumbuhan yang perputaran lilitannya searah dengan jarum jam atau ke arah kanan. Contoh dari tumbuhan ini adalah markisa, ubi rambat, labu, dan lain-lain.

4. Family Begonia (Semak)

Tumbuhan semak yang dapat dikonsumsi memiliki ciri-ciri bentuk daun yang seperti jantung, namun tidak simetris. Tumbuhan semak seperti ini dapat dikonsumsi pada bagian tangkainya dengan ari yang mudah untuk dikupas. Rasa dari tangkai tumbuhan ini biasanya sedikit asam atau pahit.

5. Keluarga Pakis

Kebanyakan dari tumbuhan pakis aman untuk dikonsumsi. Jika melihat batang pakis yang berbulu, kupas terlebih dahulu bagian yang berbulu, baru setelah itu pakis dapat dikonsumsi.

6.Keluarga sirsak

Tumbuhan sirsak seringkali ditemui di alam bebas. Tumbuhan sirsak ini memiliki buah yang berwarna hijau dan berduri kecil. Duri pada buah ini tidak terlalu tajam.

7. Arbei atau Berry

Arbei adalah buah yang berbentuk seperti strawberry, hanya memiliki ukuran yang lebih kecil, ketika sudah matang buah ini berwarna hitam dan rasanya manis.

8. Tumbuhan Rumput

Contoh dari tumbuhan rumput yang bisa dikonsumsi adalah tumbuhan bambu (rebung atau tunasnya), pisang hutan, dan tebu.

9. Jamur

Jamur tiram dan jamur merang adalah dua jenis jamur yang pasti aman untuk dikonsumsi. Hindari untuk mengkonsumsi jamur lainnya, karena dimungkinkan memiliki racun yang cukup berbahaya. (MC/PC)

Foto: Instagram/@elhshalihah

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.