Ini Cara Tahu Tumbuhan Liar Layak Dimakan

(Mounture.com) — Melakukan aktivitas di alam bebas, khususnya mendaki gunung tidaklah sembarangan dilakukan. Dalam melakukan pendakian, kita diharuskan mengetahui teknik serta cara untuk bisa bertahan hidup di alam bebas.

Hal ini diperlukan jika suatu waktu kejadian yang tidak diinginkan terjadi maka kita sudah siap menghadapinya. Salah satunya adalah mengetahui kelayakan tumbuhan liar untuk dimakan, yang sangat penting untuk diketahui untuk tetap bisa bertahan hidup di alam bebas.

Berikut ini cara mengetahui tumbuhan liar yang layak dimakan, seperti dirangkum dari berbagai sumber.

1. Pisahkan tanaman menjadi beberapa bagian. Akar, batang, dan bunga. Nah kalian pilih salah satu aja, jadi cukup fokus pada 1 bagian dulu.
2. Coba dihirup dulu aroma dari bagian tersebut. Jika aromanya menyengat dan tidak enak, berarti itu tidak layak untuk dikonsumsi.
3. Sentuhkan potongan bagian tanaman di siku bagian dalam atau pergelangan tangan selama beberapa menit. Jika kulit terasa terbakar, gatal, mati rasa, atau pecah-pecah maka tidak layak konsumsi.
4. Jika sudah di uji pada tahap ketiga dan ternyata tidak memiliki unsur-unsur yang terdapat di poin ketiga, maka siapkan porsi kecil untuk dimakan, lebih baik usahakan untuk di rebus dulu.
5. Sentuhkan potongan tanaman ke bibir, apakah ada efek terasa terbakar atau gatal. Jika tidak ada reaksi selama 15 menit, coba gigit porsi kecil, kunyah, dan tahan di mulut selama 15 menit.
6. Kalau ada rasa pahit atau rasa busa atau sabun, segera dimuntahkan. Tapi kalau tidak ada reaksi sama sekali, coba telan dan tunggu minimal 1 jam. Kalau dirasa tidak ada efek buruk, maka bagian tersebut diasumsikan layak untuk di konsumsi.
7. Ulangi tahapan dari poin 1-6 untuk bagian tanaman yang lain, karena ada beberapa tanaman memiliki bagian yang dapat dimakan dan tidak dapat dimakan. (MC/PC)

Foto: dok. alidesta.wordpress.com

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.