Ini 11 Cara Rawat Kamera Biar Awet

(Mounture.com) — Penggunaan kamera saat berpetualang memang terbilang cukup penting, pasalnya hasil foto-foto atau video ketika berpetualang bisa menjadi kenangan tersendiri bagi seorang petualang.

Untuk itu, menjaga kamera agar awet menjadi hal wajib bagi para petualang yang hobi dalam hal fotografi. Berikut ini cara merawat kamera biar awet seperti dikutip dari akun instagram @keelesson.

1. Jangan mengguncang, mengetuk bahkan menjatuhkan kamera

Jika hal ini dilakukan, maka bisa mengakibatkan kerusakan pada fisik kamera, penyok, baret, bahkan bisa merusak bagian dalam kamera akibat guncangan dan benturan yang keras.

2. Sensor kamera terbuka

Dilarang membiarkan sensor kamera terbuka sehingga debu masuk dan menempel pada sensor. Jika debu sudah menempel pada sensor, akan terlihat noda buram pada hasil foto kalian.

3. Menaruh kamera pada suhu ekstrim

Dilarang untuk menaruh kamera pada suhu yang ekstrim, sangat panas atau sangat dingin karena dapat menyebabkan kondensasi pada kamera.

4. Menyimpan kamera pada tempat panas dalam jangka waktu lama

Dilarang untuk menyimpan kamera pada tempat panas yang berlebihan dalam jangka waktu yang lama karena dapat merusak sensor pada kamera.

5. Menyentuh lensa

Dilarang menyentuh lensa dengan jari langsung karena dapat mengakibatkan sidik jari menempel pada lensa secara permanen.

6. Menyemprot larutan pembersih langsung ke kamera

Dilarang untuk menyemprot larutan pembersih ke kamera langsung karena dapat mengakibatkan cairan masuk ke dalam kamera dan terjadi kondensasi di ruang lensa.

7. Matikan kamera saat mau mengganti lensa

Penting untuk diperhatikan ketika kalian mau mengganti lensa, agar mematikan kamera terlebih dahulu. Selain itu, saat mengganti lensa bodi kamera harus menghadap ke bawah agar debu tidak masuk ke dalam kamera dan lensa.

8. Gunakan filter UV

Disarankan untuk memasang filter UV pada lensa untuk menghindari goresan sekaligus melindungi lensa dari debu dan sidik jari.

9. Jangan lupa tutup lensa

Bila kamera tidak digunakan, kalian dapat menutup lensa agar bagian depan dan belakang lensa tetap terlindungi dari goresan atau kerusakan lainnya.

10. Gunakan kain pembersih

Saat membersihkan lensa disarankan untuk menggunakan kain pembersih mikro, jangan gunakan baju untuk membersihkan lensa karena dapat membuat lensa tergores. Kalian dapat menggunakan beberapa tetes cairan pembersih lensa pada tisu lensa atau kain pembersih.

11. Lepaskan baterai saat tidak digunakan

Jika tidak menggunakan kamera dalam jangka waktu cukup lama, kalian dapat melepas baterai kamera untuk mencegah kebocoran pada baterai dan kemungkinan arus pendek pada kamera.

12. Simpan kamera pada kotak kering

Simpan kamera pada drybox atau kotak yang kalian buat sendiri dengan tingkat kelembapan 40-50 persen untuk mencegah timbulnya jamur pada kamera dan lensa. (MC/RL)

Foto: dok. diykamera.com

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.