Ini Trek Sulit di Gunung Raung

(Mounture.com) — Memiliki ketinggian 3.344 meter di atas permukaan laut (mdpl), Gunung Raung merupakan salah satu gunung di Indonesia yang memiliki trek paling ekstrim. Gunung ini terletak di daerah Banyuwangi, Jawa Timur.

Untuk bisa mendaki ke gunung ini, para calon pendaki bisa memilih untuk melalui salah satu dari tiga jalur pendakian, yaitu jalur Sumber Wringin, jalur Kalibaru dan jalur Glenmore. Adapun jalur pendakian favorit, yakni melalui Kalibaru.

Sebagai catatan, untuk mendaki ke gunung ini, para pendaki diwajibkan untuk menggunakan guide. Pasalnya, gunung ini tidak untuk sembarangan pendaki dikarenakan gunung ini memiliki jalur yang membutuhkan keterampilan khusus, seperti teknik rapelling.

Adapun jalur sulit Gunung Raung dimulai dari Puncak Bendera yang memiliki ketinggian 3.018 mdpl yang kemudian turun ke jalur yang biasa disebut Shiratal Mustaqiem. Lalu, pendaki mulai melakukan pemasangan tali untuk naik. Menghindari puncak 17 melipir tebing sejauh 50 meter dengan pengaman tali yang dibawahnya adalah jurang.

Kemudian, melewati jalur Shiratal Mustaqiem 2, kembali memasang tali lagi untuk turun tebing kurang lebih 15 meter dengan menggunakan teknik rappeling. Selanjutnya menanjak ke arah Puncak Tusuk Gigi. Setelah melewati goa di bawah Puncak Tusuk Gigi kemudian baru Puncak Sejati Raung (3.340 mdpl), itupun masih ada 5 titik yang perlu pasang webbing sebagai alat bantu naik turun. (MC/RL)

Foto: Instagram/@sasya.naw

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.