0

Ini Cara Agar Fisik Tidak Mudah Lelah Saat Mendaki Gunung

(Mounture.com) — Mendaki gunung adalah kegiatan yang sangat menguras fisik. Pasalnya, minimal selama 4 jam fisik akan dipaksa untuk terus bergerak selama melakukan pendakian.

Oleh karena itu, sebelum melakukan pendakian kita harus mempersiapkan segalanya terutama fisik, agar saat melakukan pendakian, fisik kita tidak mudah drop ataupun cedera.

Untuk menghindari cedera dan kelelahan saat mendaki ada beberapa langkah yang bisa dilakukan antara lain,

  • Sebelum pendakian

Lakukanlah pemanasan sebelum melakukan pendakian minimal seminggu sebelum hari H, dengan cara berlari secara rutin. Dan sebelum melakukan trekking ada baiknya juga melakukan peregangan otot-otot selama kurang lebih 5 menit.

  • Mengukur Barang Bawaan

Ukurlah beban bawaan sesuai dengan kemampuan. Hindari membawa barang yang tidak diperlukan saat pendakian.

  • Ketika pendakian

Saat dalam pendakian (trekking) ada baiknya jangan terlalu memaksakan diri, jika tubuh mulai merasa lelah maka segeralah beristirahat. Pasalnya jika memaksakan diri, maka akan beresiko tubuh menjadi kelelahan dan akan membuat cedera.

Berjalanlah dengan langkah-langkah kecil, jangan tergesa-gesa. Hal ini bisa menghemat tenaga kalian dan juga tidak mudah cape atau lelah, akan tetapi bukan berarti kalian harus berjalan santai ya.

Usahakan selalu minum air mineral yang cukup, jangan biasaan mengkonsumsi air mineral terlalu banyak saat melakukan trekking, itu malah akan membuat kalian lebih cepat lelah dan kembung pastinya.

  • Ketika Ngecamp

Makanlah yang bernutrisi dan segeralah beristirahat, karena istirahat adalah saat yang sangat penting untuk mengembalikan energi. Manfaatkan waktu sebaik-baikny, hindari kegiatan yang tidak penting dan segeralah tidur. (MC/AI)