0

Lakukan Hal ini Jika Ada yang Terkena Hipotermia

  • 7 November 2018 10:03

(Mounture.com) — Memasuki musim hujan, ada beberapa hal yang harus diperhatikan oleh para pendaki, khususnya Hipotermia. Hipotermia merupakan suatu kondisi dimana sistem dalam tubuh untuk pengaturan suhu badan kesulitan mengatasi tekanan suhu dingin.

Kondisi ini kerap kali menyerang para pendaki yang tidak membawa perlengkapan lengkap, terkena guyuran hujan, kurang mengkonsumsi kalori atau lainnya. Hal ini disebabkan temperatur di pegunungan yang cenderung dingin, angin, ataupun karena menggunakan pakaian basah dalam waktu yang lama.

Berikut ini langkah-langkah yang harus dilakukan jika ada rekan pendaki yang terindikasi mengalami hipotermia antara lain:

1. Selalu pantau pernapasan dan nadi penderita, berikan bantuan pernapasan bila diperlukan.
2. Ganti pakaian penderita dengan pakaian yang kering.
3. Bawa penderita ke tempat yang lebih hangat dan terhindar dari angin kencang.
4. Dirikan tenda di tempat yang rendah dan tertutup oleh pepohonan atau semak yang rimbun untuk mengurangi terpaan angin kencang. Untuk menghindari kontak langsung dengan tanah yang dingin, rekan pendakian bisa melapisi tanah terlebih dahulu dengan tumpukan dedaunan kering sebelum mendirikan tenda, dan melapisinya dengan matras setelah tenda didirikan.
5. Beberapa sleeping bag (SB) bisa berfungsi menahan panas dalam waktu yang singkat. Isi SB dengan orang sehat terlebih dahulu untuk menciptakan kondisi hangat dalam SB, kemudian baru masukkan penderita ke dalam SB.
6. Buat api unggun untuk menciptakan temperatur yang hangat di sekitar tenda, pastikan Anda tidak merusak alam atau membuat kebakaran dalam pembuatannya.
7. Apabila penderita masih sadar dan bisa minum, berikan minum hangat. Hindari pemberian alkohol atau kopi, karena bisa memperberat kondisi hipotermia.
8. Peluk penderita, dengan cara ini, kita bisa memberikan hangat tubuh kita kepada penderita. Hasil yang lebih baik bisa didapat apabila dilakukan secara skin-to-skin.
9. Masak air hangat, masukkan ke dalam botol kosong dan kompres di tubuh penderita, terutama di daerah kepala, leher, dada atau perut dan selangkangan.
10.Apabila kondisi penderita tidak membaik, hubungi tim medis untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut. (MC/DC)

Foto: hellosehat.com