Hindari Hewan Liar di Alam Bebas, Ini Caranya

(Mounture.com) — Dalam melakukan kegiatan di luar ruang (outdoor) berjumpa dengan hewan liar merupakan hal yang tidak bisa dihindari. Terlebih bertemu dengan hewan liar memang memiliki potensi bahaya jika kita tidak mengetahui cara menghadapinya.

Nah, berikut ini tips agar terhindar dari binatang liar yang berbahaya ketika berjumpa di alam bebas seperti dirangkum dari berbagai sumber.

1. Jauhi hewan yang sedang bersama anaknya

Naluri melindungi anak pada hewan terbilang sangat tinggi, begitu sang induk melihat ada manusia yang bisa mengganggu anaknya, maka secara alami sang induk dari binatang liar itu pasti akan lebih agresif. Untuk itu, segera menjauh secara perlahan agar hewan tersebut juga tidak merasa terganggu dengan kedatangan kalian.

2. Hindari melakukan perjalanan di alam bebas pada malam hari

Hewan-hewan liar, seperti macan, babi hutan, ular biasanya akan berkeliaran atau aktif ketika malam hari. Agar terhindar dari ancaman binatang buas adalah melakukan perjalanan di alam bebas pada pagi atau siang hari. Hentikan segala macam aktivitas pada malam hari, agar resiko bertemu hewan buas sangat kecil.

3. Jangan mendekati sumber air menjelang malam

Hewan-hewan liar terutama yang buas akan melakukan aktivitasnya pada malam hari, dan mereka biasanya akan mendekati sumber air untuk mencari minum. Oleh karena itu jangan lakukan pencarian air ketika malam hari.

4. Jangan panik

Jika kalian bertemu dengan hewan liar, baik yang buas ataupun tidak, hal pertama yang harus dilakukan adalah jangan panik. Cukup diam di tempat tenangkan diri, jangan mengganggu hewan tersebut dengan lemparan batu atau membuat suara ribut.

5. Gunakan pakaian lengkap, dan jangan terlalu terbuka

Gunakan sepatu di lengkapi dengan gaiter untuk mendaki. Adapun sepatu dapat menghindarkan kalian dari serangan hewan liar, seperti kalajengking, pacet, gigitan ular dan lainnya. Selain itu, gunakan juga baju lengan panjang dan topi yang juga dapat menghindari kalian dari gangguan yang lainnya.

6. Jangan gunakan parfum dan sabun

Parfum atau sabun umumnya menghasilkan aroma segar yang bisa mengundang serangga seperti lebah atau tawon.

7. Jangan duduk di pohon tumbang atau batu besar

Ular atau kalajengking umumnya senang bersembunyi di sela-sela batu dan kayu, jadi berhati-hatilah.

8. Simpan makanan atau logistik secara baik

Sebaiknya makan yang berbau seperti daging atau telur di simpan dan di bungkus rapat, agar tidak memancing hewan liar yang mempunya indera penciuman tinggi mendekati tempat kalian mendirikan tenda.

9. Bawa P3K

Dengan membawa kotak P3K, kalian akan bisa melakukan pertolongan pertama pada situasi-situasi yang tak terduga dan tidak diinginkan. (MC/RIL)

Foto: dok. Instagram/@elfrass

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.