Fisik Tetap Segar saat Mendaki Gunung, Ini Tipsnya

Ilustrasi mendaki gunung (dok. Cozmeed)

Mounture.com — Melakukan kegiatan pendakian ke gunung, pastinya akan banyak menguras tenaga dan akan berpengaruh kepada fisik yang mudah lelah. Namun, kelelahan saat pendakian ke gunung bisa diminimalisir dengan berbagai persiapan sebelum melakukan pendakian.

Nah, berikut ini tips agar fisik tetap segar saat mendaki gunung seperti dirangkum dari berbagai sumber.

1. Latihan fisik

Kalian bisa melakukan olahraga yang rutin, seperti lari, jalan santai, atau sepedaan minimal seminggu 2 kali setidaknya dalam 3 bulan berturut-turut. Gunanya adalah untuk melatih otot agar tidak ‘kaget’ saat pendakian nanti di mana harus membawa beban berat ditambah berjalan kaki yang cukup jauh.

2. Bawa makanan dan minuman yang bernutrisi

Dengan kondisi tubuh yang lelah dan suhu pegunungan yang cukup dingin, biasanya akan mempercepat rasa lapar. Bawalah makanan yang tepat dan cukup efektif untuk mengganjal perut serta mengembalikan tenaga. Pastikan bahwa makanan dan minuman yang dibawa mengandung nutrisi yang dibutuhkan.

3. Bawa perlengkapan pribadi yang memadai

Mulai dari jaket, baju, celana hingga kantung tidur. Demi kenyamanan saat di gunung nantinya, di mana kondisi gunung sudah pasti dingin. Selain itu, perlengkapan itu juga bisa membuat kalian tidur nyenyak, agar keesokan harinya badan menjadi kembali bugar untuk melanjutkan perjalanan.

4. Mengatur ritme jalan

Melangkahlah dengan langkah kecil saja. Ritme jalan yang stabil membuat perjalanan tidak terasa melelahkan, karena dapat membantu tubuh dan otot-otot untuk melakukan penyesuaian.

5. Bareng teman yang asyik

Mendaki gunung bareng teman yang asyik dan seru pastinya akan membuat perjalanan menjadi menyenangkan. Dengan pikiran yang senang pastinya tubuh menjadi tetap bugar karena tidak terbebani oleh pikiran-pikiran yang negatif. (MC/PC)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.