1

TN Baluran Kembali Dibuka 18 Agustus 2020

  • 15 Agustus 2020 08:47

dok. Instagram/@tamannasional_baluran

Mounture.com — Taman Nasional Baluran (TNB) mengumumkan akan kembali membuka objek wisatanya untuk kunjungan wisatawan mulai Selasa, 18 Agustus 2020.

Wisatawan yang akan berkunjung ke TN Baluran diminta untuk melakukan booking terlebih dahulu melalui aplikasi pesan singkat, Whatsapp di nomor 0812-1773-8500 dengan waktu pelayanan dari 07.30 – 16.00 WIB atau melalui https://bit.ly/FormKunjunganTNBaluran.

Adapun pembukaan TN Baluran ini juga tetap harus mematuhi protokol kesehatan yang telah ditetapkan pemerintah. Selain itu, TN Baluran juga memberlakukan kuota kunjungan, di mana pada 18-20 Agustus sebanyak 500 orang per hari. Kemudian pada 21-23 Agustus 2020 sebanyak 750 orang per hari, pada 24 Agustus dan seterusnya 950 orang per hari.

TN Baluran pun menetapkan aturan bagi wisatawan yang akan berkunjung, mulai dari kewajiban menunjukkan hasil rapid test kepada petugas bagi pengunjung warga negara asing (WNA), dan pengunjung yang berasal dari luar Provinsi Jawa Timur.

Selain itu, pengunjung juga diwajibkan untuk mengenakan masker, mencuci tangan di fasilitas yang telah disediakan, menjaga jarak (physical distancing), menggunakan peralatan makan dan minum sendiri, menggunakan perlengkapan ibadah (mukena, sajadah dan lain-lain) sendiri, membawa kembali sampah masing-masing.

Selanjutnya, makan dan minum di area yang telah ditentukan (kantin, dalam mobil masing-masing, area piknik di Pantai Bama), lalu untuk Balita, lansia dan penderita penyakit bawaan yang rentan tertular Covid-19 dihimbau untuk tidak berkunjung, serta ketua rombongan bertanggung jawab atas perilaku anggota rombongan selama di dalam kawasan Taman Nasional Baluran. (MC/RIL)