0

Cara Hindari Serangan Pacet

  • 5 April 2018 13:32

Pacet (dok. Instagram/@kumbangketawa_gimbal)

(Mounture.com) — Pacet atau lintah merupakan momok bagi para pendaki gunung, karena bekas gigitan pacet akan membuat gatal maupun infeksi. Pacet sendiri merupakan hewan yang memiliki habitat di tempat lembab seperti hutan tropis yang sering ditemui di sepanjang jalur pendakian seperti di ujung batang pohon, daun, maupun dirumput.

Meskipun pacet bukan hewan yang berbahaya, namun ada baiknya menghindari serangan pacet. Berikut ini cara untuk menghindari serangan pacet yang dirangkum mounture.com dari berbagai sumber.

1. Pakaian Tertutup
Baiknya menggunakan celana panjang dan baju lengan panjang serta kaos kaki saat mendaki gunung. Tujuannya adalah untuk meminimalisir pacet akan menempel di tubuh kita.

2. Bedak Herocyn
Bedak ini cukup dibubuhkan ke tubuh yang terbuka sehingga akan meminimalisir pacet menempel di tubuh, karena pacet tidak menyukai aroma bedak ini. Meski begitu, menggunakan bedak ini memiliki kelemahan yaitu bedak ini akan luntur ketika tubuh kita mulai berkeringat.

3. Lotion anti Nyamuk
Menggunakan lotion anti nyamuk bisa meminimalisir terkena serangan pacet, cukup dengan mengoleskan lotion ini ke bagian tubuh.

4. Minyak Kayu Putih
Aroma dari minyak kayu putih ini disebut tidak disukai oleh pacet, maka dari itu oleskan minyak kayu putih sebelum melakukan pendakian.

5. Jangan duduk sembarangan
Hal ini dilakukan karena kita tidak pernah sadar atau tahu dimana lokasi pacet tersebut, namun yang pasti pacet memiliki habitat seperti ujung daun, batang pohon, rerumputan bahkan juga di air. Jadi pastikan tidak duduk sembarangan ketika dalam pendakian. (MC/AL)