0

Buat Bivak, Perhatikan 3 Hal Ini

  • 28 Oktober 2019 07:04

(Mounture.com) — Bivak adalah salah satu keterampilan dalam mempertahankan hidup di alam terbuka (survive) yang harus dimiliki seorang petualang bila tersesat di hutan atau gunung. Bivak merupakan tempat untuk berlindung dan bermalam di hutan.

Membuat tempat perlindungan jadi penting ketika terjadi hal-hal darurat. Padahal, bivak tidak hanya dibuat ketika darurat saja, tetapi juga dipakai pada saat membuat camp sementara, artinya faktor kenyamanan harus menjadi prioritas atau bisa juga Bivak adalah tempat berlindung sementara di alam bebas dari aneka gangguan cuaca, binatang buas, dan angin tentunya.

Untuk itu, dalam hal mendirikan bivak ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, yaitu:

1. Untuk berapa lama,

Dengan merencanakan akan berapa lama berlindung di suatu tempat, penghematan tenaga dan kesadaran emosi akan terjaga.

2. Sendiri atau kelompok,

Buatlah tempat berlindung yang sesuai dengan kebutuhan, tidak terlalu luas dan tidak terlau sempit sehingga kehangatan tempat berlindung tetap terjaga.

3. Memilih tempat,

Untuk menjaga kenyamanan dan tetap hangatnya tempat berlindung serta menghindari cepatnya penurunan daya tahan tubuh, kalian harus memperhatikan diantaranya mendirikan bivak yang terlindung dari terpaan angin. Kemudian, mendirikan bivak pada tempat yang kering dan rata.

Lalu, mendirikan bivak di bawah kerindangan pohon yang tembus sinar matahari, perlu diingat jangan mendirikan bivak di bawah pohon yang rapuh dan lapuk. Selanjutnya, pada situasi bivak yang permanen, usahakan dirikan pada daerah yang dekat dengan sumber air, jangan dirikan bivak di aliran sungai dan jalur lintas binatang. (MC/RL)

Foto: Instagram/@kpgboyolali