0

Begini Cara Memperlakukan Tenda Dengan Baik

Ilustrasi penggunaan tenda (Mounture.com/DenChito)

(Mounture.com) — Dalam perjalanan mendaki gunung, terkadang kita kurang memperhatikan keberadaan tenda kita yang telah dibawa. Padahal, tenda merupakan perangkat penting kala kita melakukan pendakian gunung.

Tenda seakan menjadi rumah bagi para pendaki gunung, untuk itu perhatikan selalu keberadaan tenda dan jaga dengan baik tenda yang dibawa agar tidak menjadi rusak atau malah tidak dapat difungsikan.

Berikut ini tips untuk merawat tenda selama perjalanan mendaki gunung, seperti yang dirangkum dari berbagai sumber.

1. Saat Packing:

Biasakan selalu untuk melipat tenda dan masukkan kedalam tas carrier, dan untuk frame tenda bisa dimasukkan ke bagian samping tas carrier untuk menghemat tempat. Pasalnya, ketika membawa tenda bersama dengan tempatnya, akan membuang ruang kosong untuk barang-barang lainnya.

2. Ketika Dalam Perjalanan:

Pertama, bawa selalu kain atau lap kering untuk membersihkan bagian dalam tenda, ketika tenda sudah didirikan atau setelah dibongkar. Kain ini juga berguna untuk membersihkan disaat tenda terkena air hujan atau minuman yang tumpah.

Kedua, jangan membiasakan untuk melakukan masak memasak di dalam tenda. Selain berbahaya, bahan lapisan tenda,terutama yang terbuat dari terpal akan sangat mudah terbakar. Ketiga, selalu lihat tempat kalian akan mendirikan tenda. Carilah tempat yang datar, dan jika lahan itu berbatu, tidak ada salahnya untuk membersihkannya terlebih dulu. Dan jangan lupa juga, jika musim hujan, untuk selalu membuat saluran jalannya air di samping tenda. Fungsinya supaya air tidak mengendap atau mengumpul di bagian bawah tenda.

Dan keempat, jika kalian perokok, jangan membiasakan diri merokok di dalam tenda. Karena akan menyebabkan bencana asap di dalam tenda, percikan abu rokok (yang terbang) juga merupakan salah satu sebab terbesar dari bolongan-bolongan kecil di bagian dalam tenda. Selain itu, bau rokok biasanya akan nempel di tenda yang kalian gunakan.

3. Saat Membongkar Tenda:

Jika memungkinkan cari lahan yang datar, tidak basah, usahakan saat membongkar tenda meminta bantuan orang lain. Setelah melepas pasak juga melipat bagian outer (luar), bagian inner (dalam) jangan dibongkar dulu. Bersihkan kotoran yang ada di dalam tenda. Caranya, bisa dengan mengangkat tenda ke arah tertentu, terpenting semua kotoran akan mengarah ke arah pintu tenda. Jika ada bekas kotoran cair, segera lap dengan kanebo/lap kering. Dan jangan lupa juga, membersihkan pasak juga frame, terutama jika sehabis terkena hujan. (MC/DC)