Bawa ini untuk Keperluan Mendesak Kala Berpetualang

Ilustrasi P3K (dok. Instagram/@pamanbento)

(Mounture.com) — Jika kalian ingin berpetualang ke alam bebas, ada baiknya mempersiapkan peralatan P3K. Peralatan ini sangat diharuskan dibawa, untuk mengantisipasi jika ada hal-hal yang tidak diinginkan dalam perjalanan.

Berikut ini mounture.com rangkum mengenai P3K yang perlu dibawa kala melakukan petualangan ke alam bebas seperti dikutip dari beberapa sumber.

1. Oxygen Portable

Berguna ketika kondisi kekurangan suplai oksigen pada jaringan atau organ tubuh yang terjadi akibat pengaruh perbedaan ketinggian. Dari hipoksia biasanya menyebabkan terjadinya Accute Mountain Sickness (AMS) penyakit gunung yang disebabkan salah satunya karena adanya penurunan kadar oksigen di dalam darah karena berada di ketinggian tertentu.

Adapun pencegahan AMS bisa di lakukan dengan cara melakukan istirahat semalaman di ketinggian 2.500 mdpl. Selain itu ada juga HACE (High Altitude Cerebral Edema) yaitu penyakit kelebihan cairan di otak, akibat kekurangan oksigen.

2. Ibuprofen

Berguna sebagai pereda nyeri sakit kepala, pegel linu, sampai nyeri karena cidera (seperti kuku kaki lepas, kram) direkomendasikan menggunakan resep dari dokter. Konsultasikan pada dokter atau apoteker terlebih dahulu.

3. Kapas

Benda ini berguna untuk membersihkan luka.

4. Pisau Lipat

Pisau lipat ini biasanya memiliki fitur pinset, gunting, pisau, kikir, ataupun tusuk gigi.

5. Minyak kayu putih

Dapat digunakan untuk menghangatkan badan guna mengurangi rasa dingin.

6. Obat Sakit Maag

Selain untuk menyembuhkan sakit maag, kadang obat ini bisa dikonsumsi sebagai penahan rasa lapar oleh beberapa pendaki gunung, walau tidak dianjurkan jika tidak dalam keadaan kepepet.

7. Obat Anti Septik

Gunanya adalah untuk mengobati luka luar agar terhindar dari infeksi.

8. Aspirin

Berfungsi untuk meredakan demam. Dan juga meringankan nyeri.

9. Obat gosok

Obat ini berfungsi untuk mengurangi otot kencang atau kram, selain itu juga untuk mengurangi rasa nyeri akibat kelelahan berjalan atau kurang pemanasan saat akan melakukan perjalanan.

10. Plester Rol Kain dan plester

Berguna untuk menutupi luka dan juga untuk menutup luka lecet akibat gesekan sepatu di tumit.

11. Obat Diare

Obat ini berguna untuk menyembuhkan diare kala melakukan perjalanan. (MC/DC)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.