Simak! Persiapan Jelang Liburan Akhir Tahun

(Mounture.com) — Menjelang akhir tahun, mempersiapkan liburan bersama keluarga ataupun teman menjadi hal yang wajib, agar liburan akhir tahun ini lebih berkesan dan juga menyenangkan. Untuk itu, sebelum melakukan liburan ada baiknya melakukan penyusunan jadwal.

Berikut ini beberapa hal yang harus kalian lakukan sebelum melakukan liburan.

1. Atur jadwal

Agar liburan berjalan dengan lancar sesuai dengan rencana, Anda dapat mengatur jadwal berdasarkan kalender libur nasional. Terutama memanfaatkan tanggal merah yang jatuh pada hari Jumat. Jadi, kalian tak perlu ambil cuti kantor terlalu banyak deh.

2. Tentukan destinasi

Jangan lupa buat daftar destinasi yang ingin kalian kunjungi saat liburan nanti. Urutkan dari yang paling ingin dikunjungi (mungkin sudah lama belum terwujud) hingga destinasi menarik tapi belum prioritas.

3. Menyusun anggaran biaya liburan

Membuat estimasi anggaran biaya selama liburan menjadi hal wajib. Jangan sampai biaya selama liburan justru melampaui anggaran yang disiapkan. Apalagi bila kalian berencana melakukan traveling panjang dan membutuhkan biaya yang besar.

Untuk itu, kalian harus mengatur berapa banyak biaya yang diperbolehkan keluar selama liburan. Mulai dari transportasi dari dan ke lokasi, biaya penginapan, makanan, tiket ke lokasi wisata, hingga souvenir khas daerah tersebut. Cara ini cukup ampuh guna terhindar dari over budget. Ada kalanya Anda mungkin ingin pergi ke banyak destinasi dalam satu hari karena lebih hemat.

4. Buat list barang bawaan

Hal ini cukup penting mengingat mungkin masih banyak dari Anda yang ingin membawa berbagai macam barang traveling. Ingatlah, bawa barang yang benar-benar Anda butuhkan selama bepergian. Saat sedang berkemas, catat barang bawaan Anda dalam buku kecil agar Anda tak lupa barang atau pakaian apa saja yang dibawa.

Kemudian perbarui daftar tersebut saat Anda akan pulang. Pastikan semuanya lengkap dan jangan sampai ada yang tertinggal. (MC/RIL)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.