Perempuan, Izin Orang Tua dan Pendakian ke Gunung

(Mounture.com) — Bagi sebagian para orang tua yang memiliki anak perempuan, memberi izin anaknya untuk melakukan pendakian ke gunung bisa menjadi perkara yang sulit. Di mana melakukan pendakian terkadang bagi orang tua sangatlah berpotensi bahaya, khususnya untuk anak perempuan mereka.

Kenapa demikian? mendaki gunung bukanlah kegiatan yang mudah, karena mendaki gunung merupakan kegiatan yang bakal menguras fisik dan mental. Tak hanya itu, mendaki gunung juga memiliki potensi risiko yang tinggi, seperti tersesat atau bahkan hal-hal lain yang berakibat nyawa melayang.

Bagi anak perempuan, meyakinkan orang tua pun menjadi problematika yang sulit. Pasalnya, tidak semua orang tua dengan mudahnya mengizinkan anak perempuannya pergi ke gunung begitu saja, pastinya sang orang tua juga harus tahu dan yakin kalau anak perempuannya mampu melakukan aktivitas pendakian.

Salah satu pendaki gunung perempuan, Helda Yulistyorini (akun instagram @heldayulistyorini) pun mengaku bahwa meminta izin orang tua kala akan mendaki gunung merupakan tantangan yang paling berat.

“Kalau menurut aku pribadi, tantangan pertama yang paling berat bagi perempuan yang ingin mendaki gunung adalah saat memulai meminta izin pada orang tua,” katanya, baru-baru ini.

Dia pun memberikan pengalamannya ketika akan meminta izin kepada orang tuanya untuk mendaki ke gunung, seperti dilansir dalam caption di akun instagram-nya.

1. Perkenalkan orang tua atau keluarga dengan teman pendakian kita,

Hal ini sangat membamtu untuk membuat orang tua lebih tenang dan lebih percaya ketika mereka tahu kita pergi dengan siapa nantinya.

2. Berceritalah tentang rencana pendakian gunung, sekaligus memperlihatkan foto-foto gunung yang akan dituju nantinya,

Ini penting, karena pemahaman kamu soal gunung yang akan dinaiki nantinya akan menajadi nilai tambah untuk kepercayaan orang tua, karena kamu terlihat menguasai medan yang akan di tuju.

3. Beri orang tua penjelasan bahwa tidak selamanya kegiatan pendakian gunung itu menyeramkan,

Ceritakan kisah-kisah pendakian gunung dan alasan kenapa kamu ingin mendaki pada orang tuamu.

4. Minta bantuan teman,

Cara ini juga cukup baik, usahakan teman yang terlihat punya tanggung jawab dan punya pengalaman dalam pendakian gunung, agar orang tua lebih percaya untuk mengizinkan kamu.

5. Perlihatkanlah sikap yang baik perubahan yang lebih baik, kemandirian yang lebih baik,

Sebelum meminta izin, karena itu akan jadi pertimbangan juga bagi orang tua, apakah kita layak untuk bepergian di alam bebas. (MC/RIL)

Sumber dan Foto: Instagram @heldayulistyorini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.