0

Sensasi Naik LRT di Palembang

  • 29 November 2018 08:29

(Mounture.com) — Lintas Rel Terpadu Palembang (LRT Palembang) merupakan sebuah sistem angkutan cepat dengan model Lintas Rel Terpadu yang dibangun di Palembang. Transportasi massal ini menghubungkan antara Bandar Udara Internasional Sultan Mahmud Badaruddin II (SMB II) dengan Kompleks Olahraga Jakabaring.

Penasaran untuk mencobanya, Mounture.com berkesempatan merasakan sensasi naik kereta LRT ini dari Bandara SMB II menuju ke Bumi Sriwijaya yang ditempuh kurang lebih sekira 20 menit perjalanan dan melintasi 5 stasiun pemberhentian.

Tiket LRT Palembang (Mounture.com/DenChito)

Untuk bisa menggunakan kereta LRT ini dari Bandara, kalian akan dikenakan tarif sebesar Rp10.000. Kesan pertama melihat kereta ini adalah kereta ini terbilang cukup kecil dibandingkan dengan kereta pada umumnya, gerbong yang ada pun hanya 3 gerbong saja.

Suasana gerbong LRT (Mounture.com)

Namun, fasilitas yang ada di setiap gerbong terbilang cukup baik, mulai dari kursi untuk penyandang disibilitas, hingga untuk ibu hamil serta waktu yang dibutuhkan untuk mencapai lokasi pun terbilang lebih cepat, jika dibanding dengan menggunakan bus ataupun kendaraan pribadi.

Melansir dari data Wikipedia, dijelaskan bahwa hingga Agustus 2018, sebanyak delapan rangkaian kereta ringan yang diproduksi PT Industri Kereta Api (INKA) tiba di Palembang sejak April 2018, masing-masing rangkaian kereta terdiri dari tiga gerbong.

Setiap rangkaian kereta mampu mengangkut hingga 722 penumpang yaitu 231 penumpang di gerbong pertama dan ketiga, dan 260 orang di gerbong kedua. Sementara, kapasitas tempat duduk sebanyak 78 penumpang. Rangkaian kereta dapat mengangkut penumpang dari Bandara SMB II menuju Jakabaring dengan waktu tempuh sekitar 30-45 menit.

Kereta ini memiliki sistem daya kelistrikan 750 V DC dengan aliran listrik rel ketiga. Setiap rangkaian yang diproduksi PT Industri Kereta Api di Madiun terbuat dari aluminium, dengan dimensi tinggi rangkaian 3.700 mm, tinggi lantai kereta 1.025 mm, jarak antar bogie 11.500 mm, dan panjang setiap rangkaian kereta dengan tiga gerbong sepanjang 51800 milimetre (169,9 ft). (MC/DC)

Foto: dok. destinasian.co.id