0

Estimasi Waktu Pendakian Rinjani via Aikberik

  • 28 November 2018 07:34

(Mounture.com) — Taman Nasional Gunung Rinjani (TNGR) resmi membuka jalur pendakian Rinjani via Aikberik pada 19 November 2018 kemarin. Jalur pendakian ini dianggap jalur yang memenuhi syarat oleh pihak TNGR serta aman dilalui oleh para pendaki pasca gempa yang mengguncang Lombok beberapa bulan lalu.

Adapun estimasi waktu untuk melakukan pendakian ke gunung yang memiliki ketinggian 3.726 meter di atas permukaan laut (mdpl) melalui jalur baru itu diungkapkan oleh akun Instagram @ziccohudyoro, yang telah melakukan pendakian pada 19 November lalu.

Berikut ini estimasi waktu pendakian Gunung Rinjani via Aikberik:

Gerbang Benang Stokel – Pintu Rimba:
Bisa menggunakan ojek sampai Pintu Rimba dengan biaya sekira Rp80 ribu (pulang-pergi) dan waktu yang ditempuh dengan naik ojek sekira 30 menit.

Pintu Rimba – Pos 1 – Pos 2 – Pos 3

Jalur ini merupakan jalur hutan dan banyak terdapat pacet. “Mungkin karena kami kelompok pertama yang melewati jalur ini setelah lama tidak dilalui oleh pendaki jadi mereka pada kelaparan kali ya. Serius, di kaki gw aja ampe puluhan yang nyerang,” ungkap Zicco Hudyoro melalui akun Instagram-nya @ziccohudyoro.

Dia menceritakan, di Pos 2 terdapat persimpangan yang jaraknya sekira 50 meter dengan jalur utama menuju ke Plawangan. Setelah Pos 2, kalian akan menemui jalur tanjakan yang bernama tanjakan Pakis. Tanjakan ini merupakan yang paling menguras tenaga.

Secara total waktu, Zicco dan tim melakukan perjalanan sekira 6 jam dari Pintu Rimba-Pos 3 termasuk istirahat dan melepaskan gigitan pacet. Perlu diketahui, di Pos 1 hingga 3 terdapat shelter dan mata air.

Pos 3 – Pos 4 – Plawangan Aikberik

Dari Pos 3, kalian akan menemui jalur bukit savana dan jalur ini disebut menguji nyali, pasalnya jalurnya bersebelahan dengan jurang. “Kami melintasi beberapa sungai, dan air terjun,” terang Zicco.

Sementara di Pos 4, terdapat shelter dan sumber air terakhir sebelum menuju ke Plawangan Aikberik. Menariknya, dari Pos 4 ini kalian bisa melihat secara langsung Plawangan. “Jalurnya indah banget, kami banyak ngambil foto di sini,” jelas dia. Adapun secara total waktu, dari Pos 3 hingga Plawangan ditempuh dengan waktu sekira 3,5 jam perjalanan.

Namun perlu diketahui, jalur pendakian via Aikberik ini belum bisa untuk turun menuju ke danau Segara Anak, pasalnya jalurnya masih belum aman untuk dilalui. Jadi jangan memaksakan diri untuk bisa turun ke danau ya. Bahaya! (MC/DC)

Foto: dok Instagram/@ziccohudyoro