0

Ini Manfaat Minyak Komando Untuk Pendakian

(Mounture.com) — Bagi kalian yang pernah bergabung dengan keanggotaan Siswa Pecinta Alam (Sispala) atau Mahasiswa Pecinta Alam (Mapala) mungkin sudah tidak asing dengan minyak ajaib ini, yaitu minyak komando.

Adapun manfaat dari penggunaan minyak komando saat beraktivitas di alam bebas, khususnya pendakian ke gunung antara lain:

1. Mengurangi resiko kaki lecet

Sebelum melakukan jalan kaki dengan jarak yang panjang atau jauh, oleskan minyak komando pada kaki mulai dari mata kaki hingga telapak kaki, kemudian baru gunakan kaos kaki dan sepatu. Hal ini berguna untuk mengurangi resiko lecet pada kaki baik dalam kondisi kering ataupun basah. Jika minyaknya berkurang oleskan lagi.

2. Untuk Survival

Dalam kondisi survival atau bertahan hidup di alam bebas, minyak ini berguna sebagai campuran bahan makanan yang didapat dari alam. Bisa untuk menggoreng atau sekedar memberi rasa pada masakan.

3. Sebagai Minyak Urut

Tak hanya di lapangan, di beberapa kampung pesisir Kalimantan Barat, minyak kelapa yang bercampur bawang masih digunakan sebagai minyak urut. Baik untuk urut keseleo, patah tulang, atau pijat biasa.

4. Penangkal Serangan Pacet.

Di gunung-gunung hutan hujan tropis, jika mendaki saat musim hujan ataupun musim kering pacet sangat mudah dijumpai. Masing-masing jenis spesies berbeda. Ada yang menyerang pada posisi di daun mati yang lembab dan di daun atau batang pepohonan yang hidup. Selain air tembakau, air tuba, dan cairan anti nyamuk modern saat ini, dulunya minyak komando adalah andalan penangkal serangan pacet.

5. Untuk Pengusir Nyamuk

Sebelum ada cairan anti nyamuk yang modern, minyak komando juga sebagai penangkal serangan nyamuk di hutan. Aromanya yang khas sangat tidak disukai nyamuk. (MC/PC)

Foto: dok. tokomesinkelapa.com