Basecamp Prau via Dieng Larang Penggunaan Botol Air Mineral

(Mounture.com) — Basecamp Gunung Prau via Dieng mulai memberlakukan larangan penggunaan botol kemasan air mineral atau sekali pakai selama pendakian ke Gunung Prau. Adapun larangan ini mulai diberlakukan pihak basecamp pada Sabtu (22/6).

Dalam postingan di akun instagram @basecamp_prau_dieng, dijelaskan bahwa basecamp Prau via Dieng sekarang sudah melarang para pendaki untuk membawa botol kemasan atau botol sekali pakai ke gunung Prau.

“Perhatikan ya buat kakak-kakak yang mau naik gunung Prau khusus untuk basecamp Prau via Dieng sekarang udah dilarang keras membawa botol kemasan/botol sekali pakai ke gunung Prau, jadi untuk kakak-kakak yang mau naik gunung Prau alangkah baiknya bawa water bladder/jirigen, tapi jika kakak tidak membawa jangan khawatir karena di basecamp sudah menyediakan tempat air buat kakak-kakak semua,” tulis akun tersebut.

Adapun bagi yang tidak membawa wadah untuk menyimpan air, pihak basecamp Prau via Dieng pun telah menyediakan penyewaan jirigen air dengan banderol Rp10.000 per jirigen. Nantinya, penyewa jirigen tersebut bisa mengembalikan ke pihak basecamp setelah kelar melakukan pendakian.

Menariknya, pihak basecamp pun akan mengembalikan uang sewa jirigen tersebut sebesar Rp8.000 per jirigen dengan catatan jirigen tidak rusak atau tidak hilang.

Seperti diketahui, sebelumnya beberapa pengelola gunung pun telah memberlakukan larangan penggunaan botol kemasan air mineral ini, pasalnya botol-botol tersebut menjadi salah satu jenis sampah yang banyak ditemukan di gunung. Gimana menurut kalian guys? (MC/RL)

Foto: dok. Instagram/@basecamp_prau_dieng