0

Ini Bahan dan Cara Buat Minyak Komando

(Mounture.com) — Minyak komando merupakan salah satu minyak yang memiliki banyak manfaat. Minyak ini biasanya digunakan oleh para penggiat alam bebas untuk mengurangi resiko kaki lecet saat melakukan perjalanan jauh. Kendati sudah jarang digunakan, karena mesti repot-repot membuatnya sendiri.

Namun, tidak ada salahnya untuk mencoba membuatnya di rumah ketika akan melakukan aktivitas di luar ruang, khususnya saat pendakian ke gunung, di mana kegunaan minyak ini yang begitu banyak. Berikut ini bahan dan cara untuk membuat minyak komando.

Bahan yang digunakan:

1. Minyak kelapa, bukan minyak goreng yang biasa digunakan untuk masak di rumah. Minyak kelapa bisa didapat di pasar tradisional.
2. Bawang merah beberapa siung, jumlahnya menyesuaikan saja dengan kebutuhan.
3. Botol bekas ukuran kecil, utamakan yang plastik agar mudah dan ringan dibawa. Ukuran botol juga ditentukan sesuai kebutuhan di lapangan.

 

Cara pembuatan:

1. Masukkan minyak kelapa di dalam botol, tidak perlu digoreng atau dipanaskan. Langsung masukkan saja.
2. Kemudian iris bawang merah dan masukkan di dalam botol yang sudah berisi minyak kelapa.
3. Tutup rapat botol.
4. Biarkan 2-3 hari sebelum dipergunakan dengan kondisi tetap ditutup. Sebenarnya tidak ada patokan waktu, yang pasti perlu waktu untuk proses getah bawang merah bercampur dengan minyak kelapa. (MC/PC)

Foto: dok. Kompas.com