1

Ini Manfaat Gula Merah untuk Pendakian ke Gunung

  • 12 November 2019 07:28

(Mounture.com) — Gula merah atau biasa disebut gula jawa atau juga gula aren selain untuk dimasak, rupanya juga sering digunakan oleh para pendaki gunung untuk dijadikan cemilan saat dalam perjalanan. Selain harganya yang murah, gula merah juga disebut memiliki banyak manfaat loh.

Berikut ini manfaat dari gula merah untuk pendakian ke gunung, seperti dirangkum dari berbagai sumber.

1. Baik untuk pencernaan

Belum banyak yang tahu, jika warna cokelat pada gula merah mengandung serat yang baik bagi kesehatan. Serat ini memiliki kemampuan untuk mempromosikan pertumbuhan bifidobakteri dalam usus yang dapat mengatasi sembelit bahkan mencegah kanker usus.

2. Menjaga keseimbangan elektrolit dalam tubuh

Ketika melakukan pendakian, maka kita akan tubuh banyak mengeluarkan keringat maupun urine yang akan membuat keseimbangan elektrolit dalam tubuh pun akan terganggu. Adapun gula merah ini mengandung potasium, magnesium dan sodium, yang dapat diandalkan untuk mengembalikan kadar elektrolit yang hilang dari dalam tubuh.

3. Mencegah Anemia

Manfaat gula merah berikut ini dikemas berkat kandungan zat besi didalamnya. Seperti yang kita ketahui, kekurangan zat besi dapat menyebabkan gangguan kesehatan, salah satunya anemia. Untuk itu, cobalah konsumsi gula merah bersama dengan makanan lain yang kaya akan vitamin C demi memaksimalkan penyerapan zat besi di dalam tubuh.

4. Membantu menjaga kesehatan jantung

Gula merah memiliki kandungan asam amino non esensial seperti glutamin yang berperan dalam menjaga kesehatan jantung dan fungsi otak.

5. Penambah Energi

Ketika melakukan aktivitas mendaki gunung, tubuh akan terasa lemas karena kekurangan energi. Untuk mengembalikan energi yang terkuras, maka konsumsi gula merah menjadi solusinya. Pasalnya, gula merah memiliki kandungan kalori dan karbohidrat yang tinggi.

6. Meredakan nyeri Haid

Bagi pendaki wanita yang sedang masa menstruasi bisa menjadi momok ketika melakukan perjalanan pendakian. Bagaimana tidak, rasa sakit atau nyeri yang dirasakan terasa begitu menyiksa, hingga emosi pun kadangkala menjadi meledak-ledak atau sulit dikendalikan.

Nah, agar rasa nyeri ini segera mereda, cobalah untuk membuat ramuan dari gula merah dan kunyit. Kombinasi keduanya mampu menenangkan kontraksi pada otot dinding rahim yang mengencang saat haid. (MC/RL)

Foto: dok. Fimela.com