0

Tanjakan Sambalado Keunikan Gunung Kencana

Puncak Gunung Kencana (dok. instagram/@zuliarhmwti_)

Mounture.com — Gunung Kencana yang terletak di Cisarua, Bogor, Jawa Barat merupakan salah satu gunung yang cocok untuk kalian para pendaki pemula. Sebab, gunung dengan ketinggian 1.803 meter di atas permukaan laut (mdpl) ini bisa ditempuh 45 menit dari pos sampai puncak, dan kalian tidak memerlukan alat pendakian jika tidak ingin berkemah, yang diperlukan hanya fisik dan stamina prima.

Meski terbilang membutuhkan waktu yang singkat untuk sampai ke puncaknya, namun gunung ini menyuguhkan trek yang cukup melelahkan serta menantang. Di mana kalian akan menemui ciri khas dari gunung ini yaitu tanjakan sambalado.

Tanjakan Sambalado Gunung Kencana (dok. instagram/@hilmawan__)

Tanjakan ini dinamakan sambalado dikarenakan trek dari tanjakan ini yang cukup menguras tenaga seperti layaknya sedang memakan sambal yang pedas. Tanjakan ini memiliki keunikan yaitu berupa jembatan panjang yang terbuat dari kayu.

Di tanjakan sambalado ini, kalian akan disuguhkan dengan dua jalur, yaitu jalur turun berada di bawah, sedangkan jalur untuk naik berada di atas.

(dok. instagram/@hilmawan__)

Kendati demikian, gunung ini menawarkan pemandangan yang cukup indah di puncaknya, yang mana kalian akan melihat Gunung Gede dan Pangrango, serta Gunung Salak yang terlihat gagah, ditambah pemandangan kubun teh yang luas di kawasan Puncak, dan jalanan kota Bogor. Namun dengan catatan, kondisi cuaca di puncak sedang cerah ya.

Jika kalian tertarik untuk mendaki Gunung Kencana, kalian bisa merogoh kocek sebesar Rp15 ribu untuk tiket masuk, dan Rp15 ribu untuk biaya penitipan kendaraan. Adapun lokasi basecamp dari Gunung Kencana ini terletak di Kampung Rawa Gede, Desa Tugu Utara, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. (MC/RIL)