Simak! Ini Kesalahan saat Mendaki Gunung yang Bisa Bikin Bahaya

(Mounture.com) — Melakukan aktivitas di alam bebas, khususnya mendaki gunung bukanlah hal yang mudah. Pasalnya, kegiatan di luar ruang (outdoor) ini memiliki banyak risiko, termasuk risiko kehilangan nyawa saat melakukan pendakian.

Adapun risiko-risiko kecelakaan yang berpotensi membahayakan nyawa masih bisa diminimalisir dengan berbagai persiapan dan pengetahuan mengenai kegiatan pendakian. Kendati demikian, masih banyak pendaki-pendaki yang menganggap mendaki gunung itu tidak sesulit yang dibicarakan.

Nah, berikut ini beberapa kesalahan yang sering membuat risiko kecelakaan dan berbahaya bagi pendaki saat mendaki gunung, seperti dirangkum dari berbagai sumber.

1. Mengabaikan himbauan dan peraturan di gunung,

Adanya himbauan dan peraturan di gunung adalah demi keselamatan dan kenyamanan para pendaki gunung itu sendiri juga alam sekitar. Namun sering kali himbauan dan aturan tersebut dilanggar yang bisa berakibat fatal ketika melakukan pendakian.

2. Kemampuan navigasi,

Mendaki gunung bukanlah jalan-jalan di kota yang bisa kalian mudah capai tujuan-tujuannya. Mendaki gunung memerlukan kemampuan navigasi, dengan menggunakan beberapa peralatan, seperti kompas, GPS atau lainnya. nNamun terkadang pendaki menyepelekan hal ini, dan sering melupakan alat-alat navigasi tersebut dibawa saat pendakian.

3. Buruknya manajemen logistik,

Saat mendaki gunung terkadang kita sering mengabaikan manajemen logistik, di mana keperluan makan dan minum sangat vital yang harusnya diperhatikan untuk jangka waktu berapa lama dan bagaimana pengelolaannya agar tidak mengalami kekurangan yang membuat kelaparan dan kehausan saat mendaki gunung.

4. Mendaki dengan rombongan besar,

Mendaki dengan rombongan yang cukup besar justru akan merepotkan, pasalnya kalian akan kesulitan dalam mengatur logistik hingga manajemen waktu pendakian. Masalah yang sering muncul adalah banyaknya konflik, di mana keinginan anggota yang beraneka ragam dan sikap intoleransi.

Pendakian ideal, beranggotakan 4 – 6 orang. Pilihlah satu orang untuk memimpin pendakian. Bukan karena dia ketua, tapi memang memiliki watak bisa diandalkan dan leadership.

5. Egois dan sombong,

Dua sifat ini sangat dianjurkan ditinggalkan jauh-jauh ketika mendaki gunung. Pasalnya, baik egois maupun sombong akan membuat kalian celaka di gunung. (MC/RIL)

Foto: dok. Cozmeed

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.