Ini Tips Cuci Alat Masak dan Makan di Gunung

(Mounture.com) — Melakukan pendakian ke gunung, pastinya pendaki membutuhkan asupan gizi dan nutrisi yang banyak untuk keperluan perjalanan panjang yang membutuhkan tenaga lebih. Oleh karena itu, membawa logistik menjadi hal penting kala melakukan pendakian.

Selain itu, peralatan penunjang seperti alat masak dan makan pun harus dipersiapkan. Lantas, setelah digunakan untuk masak dan makan di gunung, gimana cara membersihkan alat-alat tersebut agar bisa digunakan kembali keesokkan harinya? Nah, berikut ini beberapa tips untuk mencuci alat masak dan makan yang sudah digunakan saat di gunung.

1. Bersihkan kerak-kerak,

Langkah pertama sebelum mencuci peralatan masak dan makan adalah membersihkan kerak-kerak yang tersisa dengan menggunakan air serta sendok atau pisau.

2. Gunakan spoon,

Usai membersihkan kerak yang ada di peralatan masak dan makan, kalian bisa menggunakan spoon cuci yang harus kalian persiapkan sebelum melakukan pendakian. Atau jika tidak ada spoon, kalian bisa menggunakan tisu kering yang dibasahi air.

3. Taruh air di wadah,

Tuangkan air di wadah yang telah kalian siapkan. Hal ini untuk mempermudah kalian melakukan pencucian peralatan masak dan makan. Perlu diingat, jangan melakukan pencucian alat-alat tersebut di sumber air karena bisa mencemari lokasi sumber air itu, cari lokasi yang agak berjauhan.

4. Jangan gunakan deterjen atau sabun,

Perlu diingat juga, mencuci menggunakan deterjen atau sabun bisa membuat lingkungan di gunung tercemar. Oleh karena itu, pastikan kalian mencuci peralatan masak dan makan kalian hanya menggunakan air saja.

5. Bawa kembali sampah sisa makanan,

Semua sampah yang dihasilkan harus kalian kumpulkan pada trash bag dan bawa kembali sampah kalian turun. Jangan mengotori gunung.

Sebagai catatan, alat masak dan makan yang kalian gunakan di gunung tidak perlu dibersihkan secara bersih dan detail. Jika ingin lebih bersih, kalian bisa mencucinya selepas melakukan pendakian, baik itu di basecamp atau di rumah kalian masing-masing. (MC/RIL)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.