0

Rekomendasi Wisata Air Terjun di Bali

Panorama Air Terjun Sekumpul di Bali (Foto: dok. Kemenparekraf/ indonesia.travel)

Mounture.com — Bali merupakan salah satu wilayah di Indonesia yang memiliki banyak destinasi wisata alam, salah satunya ialah air terjun. Terdapat banyak air terjun di Pulau Dewata yang menawarkan pesona keindahan luar biasa.

Dikutip dari laman Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), berikut ini lima rekomendasi air terjun di Bali yang instagramable.

1. Air Terjun Kembar Banyumala

Air terjun yang terletak di Desa Wanagiri, Kabupaten Buleleng ini memiliki keindahan berupa tiga formasi jatuhan air, di mana sebelah kanan dan kiri memiliki aliran yang kecil dan tengah memiliki aliran besar. Di lokasi ini terdapat kolam alam yang bisa digunakan untuk berenang.

2. Air Terjun Tukad Cepung

Air terjun ini memiliki keunikan tersendiri, di mana lokasinya berada di dalam goa. Terletak di Jalan Tembuku di Kabupaten Bangli, air terjun ini bisa dicapai setelah wisatawan melakukan trekking selama kurang lebih 20 menit melewati pepohonan yang rindang dan asri.

Sesampainya di lokasi, wisatawan akan melalui jalan setapak yang ditandai oleh aliran air tipis sebelum akhirnya disambut oleh air terjun setinggi 15 meter yang berbentuk seperti tirai bercahaya serta terdapat batu besar yang diselimuti oleh lumut.

3. Air Terjun Leke Leke

Lokasi air terjun ini berada di Desa Mekarsari, Kecamatan Baturiti, Kabupaten Tabanan. Selama 20 menit perjalanan trekking dari pintu masuk menuju air terjun, wisatawan akan disuguhkan pemandangan alam yang memanjakan mata ditambah beberapa jembatan bambu dan spot-spot unik seperti sangkar burung yang bisa digunakan untuk berfoto.

Saat tiba di Air Terjun Leke Leke, wisatawan akan disambut udara sejuk khas pegunungan. Di depan air terjun terdapat sebuah batu besar yang bisa kamu naiki serta di sampingnya terdapat gua kecil yang bisa dijadikan latar berfoto.

4. Air Terjun Nungnung

Air terjun ini memiliki ketinggian mencapai 50 meter, yang mana air terjun ini sering disebut sebagai salah satu yang paling tinggi di Bali. Selain hijaunya pemandangan alam yang bisa ditemukan di lokasi, cuacanya pun relatif sejuk karena terletak setinggi 900 meter di atas permukaan laut.

Air Terjun Nungnung berlokasi di Banjar Nungnung Desa Pelaga di Kecamatan Petang, Kabupaten Badung, kurang lebih 45 kilometer dari Denpasar.

5. Air Terjun Sekumpul

Terdapat tujuh air terjun di area air terjun Sekumpul dengan balutan tebing batu hijau setinggi 100 sampai 150 meter yang mengelilingi arus air terjun. Di lokasi ini, wisatawan bisa berenang di kolam tempat arus air jatuh.

Untuk sampai di lokasi air terjun dari pintu masuk, wisatawan harus trekking sejauh 300 meter membelah hutan dan melalui sejumlah kurang lebih 365 anak tangga beton yang dibangun oleh pengelola. (MC/RIL)