0

Pesona ‘Surga’ Air Terjun Tumpak Sewu

  • 21 Januari 2019 08:05

(Mounture.com) — Air terjun Tumpak Sewu yang terletak di perbatasan antara Malang dan Lumajang, Jawa Timur merupakan salah satu destinasi yang wajib dikunjungi, pasalnya pesona air terjun ini bak surga. Destinasi yang dikenal sebagai ‘Niagara’ di Jawa Timur ini memiliki keindahan yang hampir menyerupai Niagara.

Uniknya, air terjun ini memiliki aliran bertipe tiered yaitu air yang jatuh bersentuhan dengan dinding batu di belakangnya. Padahal sebagian besar air terjun di sekitar Kabupaten Malang bertipe plunge yang airnya tidak bersentuhan dengan tebing batu di belakangnya.

Air terjun ini disebut sebagai surga, pasalnya air terjun ini mempunyai keindahan lanskap air terjun Tumpak Sewu yang tidak diragukan lagi. Aliran airnya dari beberapa sumber seakan turun berjejer membentuk tirai yang menutupi tebing di belakangnya.

Terlebih lagi saat cuaca sedang cerah maka di latar belakang air terjun akan tampak pemandangan Gunung Semeru dan ini menjadikannya sebagai ‘surga’ bagi para pecinta fotografi.

Kendati demikian, jika kalian ingin menikmati pesona alam ini, kalian harus membutuhkan stamina yang lebih. Medan yang harus dilalui terbilang cukup sulit serta harus melintasi tebing terjal dengan bantuan bambu dan juga tali.

Setelah sampai di dasar jurang, kalian harus berjalan melalui arus sungai Glidih yang berlawanan. Namun selama perjalanan menuju ke bawah air terjun, kalian akan disuguhi pemandangan yang masih belum banyak tersentuh tangan manusia. Pepohonannya masih rimbun, jalanannya masih tradisional, dan udara yang sejuk sekali.

Perlu diingat dan diwaspadai, jalur trekkingnya cenderung licin apalagi ketika musim hujan. Jadi kalian harus berhati-hati. (MC/DC)

Foto: Instagram/@ filippo_cesarini