Pentingnya Bawa Thermal Blanket saat Pendakian

Ilustrasi (dok. Pixabay.com)

Mounture.com — Bagi penghobi kegiatan di alam bebas, khususnya mendaki gunung pasti sudah tidak asing dengan selimut emergensi atau thermal blanket. Selimut darurat dari bahan tipis tanpa pori ini pada dasarnya digunakan untuk menyimpan panas dalam tubuh karena fungsinya yang bagus sebagai isolator.

Oleh karena fungsinya yang cukup penting, maka thermal blanket harus selalu dibawa saat akan melakukan pendakian ke gunung. Benda yang terbuat dari aluminium ini terbilang ringkas, dan kecil saat di packing jadi tidak ada alasan untuk tidak membawanya karena kesulitan tempat penyimpanannya.

Thermal blanket bisa digunakan saat tubuh mulai merasakan kedinginan atau berpotensi terkena hipotermia. Caranya, cukup selimutkan orang yang sedang kedinginan atau berpotensi hipotermia dengan menggunakan thermal blanket ini. Namun, sebelum menyelimutinya, orang yang akan menggunakannya harus dalam kondisi pakaiannya tidak basah.

Selain berguna untuk pertolongan kepada korban hipotermia, thermal blanket ini juga memiliki banyak fungsi lainnya, seperti untuk menghangatkan tubuh di tenda dengan cara melapisi kantong tidur, untuk memasak, menghangatkan tenda, cermin sinyal, mengeringkan pakaian, dan lainnya. (MC/PC)

Baca juga:  Ini Fungsi Thermal Blanket

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.