0

Sekilas Tentang Pos Kalimati Gunung Semeru

(Mounture.com) — Bagi kalian yang sudah pernah mendaki ke Gunung Semeru, pasti bakal tahu mengenai Pos Kalimati. Ya, Pos Kalimati merupakan batas akhir di pendakian gunung yang memiliki ketinggian 3.676 meter di atas permukaan laut (mdpl).

Di Pos Kalimati ini merupakan tempat camp terakhir sebelum melakukan perjalanan pendakian menuju ke ke puncak Gunung Semeru atau Mahameru. Adapun ketinggian dari Pos Kalimati ini berada di kurang lebih 2.700 mdpl. Menariknya, di Pos Kalimati ini, kalian bisa menemui sejumlah pedagang makan dan juga buah-buahan, biasanya buah semangka loh.

Pos yang konon dikabarkan sebagai area bermain binatang buas ketika penutupan jalur pendakian Gunung Semeru ini, merupakan area rerumputan yang luas, dan biasanya pendaki akan mendirikan tenda tidak jauh dari Pos yang berbentuk rumah kecil.

Di sekitar area Pos Kalimati ini terdapat sumber mata air yang bernama Sumber Mani. Dari Pos Kalimati menuju ke Sumber Mani bisa ditempuh kurang lebih 30 menit perjalanan. Untuk catatan, jika ingin mengambil air di Sumber Mani ini, sebisa mungkin dilakukan sebelum malam, pasalnya jika malam berpotensi akan bertemu dengan binatang buas yang bisa membahayakan diri.

Adapun untuk menuju ke puncak Gunung Semeru dari Pos Kalimati ini bisa dilakukan pada waktu sekitar pukul 00.00 WIB atau 01.00 WIB. Estimasi waktu perjalanan dari Pos Kalimati menuju ke Puncak Mahameru sekitar 4-6 jam perjalanan, tapi tergantung dengan kondisi fisik masing-masing juga ya.

Jika kalian memang berniat untuk melakukan summit, maka persiapkan segala sesuatunya dengan baik dan optimal, pasalnya pihak Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) tidak bertanggung jawab sepenuhnya atas kejadian yang terjadi jika kalian memaksakan diri menuju ke puncak, karena TNBTS hanya menghimbau pendaki untuk melakukan pendakian sampai batas Pos Kalimati saja. (MC/DC)

Foto: Mounture.com/DenChito