0

Mengenal Desa Tertinggi di Pulau Jawa

Potret Desa Sembungan (Foto: Instagram/@abelmarufi)

Mounture.com — Desa Sembungan yang berlokasi di Dieng, Wonosobo, Jawa Tengah menjadi desa tertinggi di Pulau Jawa. Desa ini berada di atas ketinggian 2.306 meter di atas permukaan laut (mdpl).

Berdasarkan informasi yang dihimpun dari masyarakat setempat, disebutkan bahwa dulunya di desa ini banyak tumbuh pohon sembung (Blumea balsamifera) yang kemudian menjadi asal nama Desa Sembungan tersebut.

Di desa ini, mayoritas masyarakatnya bermata pencaharian sebagai petani. Umumnya, mereka adalah petani kentang, oleh karenanya jangan heran jika sepanjang jalanan yang berliku menuju desa ini akan dijumpai banyak kebun kentang. Tak heran jika kawasan Dieng menjadi salah satu penghasil kentang terbesar di Indonesia.

Desa Sembungan ini juga merupakan titik awal pendakian untuk menuju ke Sunrise Point di Puncak Sikunir. Dari lokasi itu, pengunjung bisa melihat matahari terbit yang diklaim terbaik di Pulau Jawa dengan latar belakang pemandangan Gunung Sindoro, dan Gunung Prau.

Baca juga: Menikmati Momen Sunrise di Desa Cemoro Lawang

Karena tingginya, suhu di desa ini terbilang cukup dingin ketika musim kemarau tiba yaitu diantara bulan Juni – Agustus, namun keramahan warga desa mampu menghangatkan suasana perjalanan di desa ini.

Bagi wisatawan yang ingin berkunjung, lokasi Desa Sembungan sangat mudah dijangkau dari arah Wonosobo maupun Banjar Negara dan Kabupaten Batang.

Selain itu, wisatawan pun tak perlu repot mencari lokasi parkir, sebab lahan parkir tersedia cukup luas di tiga lokasi, pertama di area Telaga Cebong, kemudia di depan gedung serbaguna dan di depan gedung pengolahan sampah. (MC/RIL)