Menikmati Momen Sunrise di Desa Cemoro Lawang

(Mounture.com) — Pesona matahari terbit atau sunrise biasanya adalah momen yang paling ditunggu ketika melakukan perjalanan ke pegunungan, salah satunya adalah berkunjung ke Gunung Bromo. Adapun salah satu lokasi untuk menikmati sunrise terbaik ada di Desa Cemoro Lawang, Jawa Timur.

Lokasi ini berada di ketinggian 2.200 meter di atas permukaan laut (mdpl), di mana desa ini kerap disebut sebagai ‘Negeri di Atas Awan’. Desa ini dihuni oleh Suku Tengger yang mayoritas menganut agama Hindu, di mana Pura Poten di tengah lautan pasir Gunung Bromo adalah tempat mereka menyelenggarakan Upacara Kasada, yaitu upacara tahunan masyarakat Tengger.

Mengutip dari laman pesona.travel dijelaskan bahwa nama Cemoro dan Lawang, dalam bahasa Jawa memiliki arti Pohon Cemara. Di desa ini memang terdapat banyak pohon cemara yang berjejer dari lereng hingga ke arah desa.

Pemandangan menakjubkan akan mulai terlihat saat hamparan kabut mulai menyelimuti desa. Kabut turun setiap hari menemani udara dingin di Desa Cemoro Lawang. Terlihat lebih tebal saat menjelang sore hingga malam. Namun, di pagi hari kabut tebal perlahan semakin menipis bersama naiknya matahari. Momen ini sangatlah menakjubkan sekaligus memukau.

Jadi, pastikan kamu sudah beranjak sebelum mentari datang ya. Jangan lupa ketika berkunjung ke lokasi ini, kalian siapkan juga pakaian hangat bila tak ingin menggigil kedinginan. (MC/RL)

Foto: Instagram/@pesonaid_travel

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.