Mengenal Danau Kaco, Surga Tersembunyi di TN Kerinci Seblat

dok. Taman Nasional Kerinci Seblat

Mounture.com — Danau Kaco yang terletak di Kabupaten Kerinci, Jambi merupakan salah satu destinasi yang wajib disambangi jika berkunjung ke Gunung Kerinci. Destinasi yang berada di ketinggian 1.229 meter di atas permukaan laut (mdpl) ini masuk ke wilayah pengelolaan Taman Nasional Kerinci Seblat (TNKS).

Danau ini memiliki luas sekitar 30×30 meter dan untuk kedalamannya hingga kini belum diketahui secara pasti, namun sampai saat ini titik terdalam yang berhasil diukur oleh pemandu lokasi dari Lempur mencapai 20 meter.

Sesuai dengan namanya Danau Kaco dalam bahasa Indonesia berarti kaca. Air di danau ini terbilang jernih dan bisa terlihat dasar danau. Bahkan biota di danau tersebut terlihat jelas berada di balik birunya air danau.

Untuk bisa menuju ke Danau Kaco, pengunjung harus melakukan perjalanan melewati zona rimba yang lebat. Pengunjung pun bisa mendirikan tenda di pinggir danau sembari menikmati jernihnya air Danau Kaco.

Danau Kaco merupakan danau alami yang memiliki warna air yang khas, yaitu berwarna hijau kebiruan yang sangat jernih dan berkilau di malam hari. Suhu air di Danau Kaco sendiri cenderung lebih rendah dibandingkan dengan suhu lingkungan di sekitarnya.

Berdasarkan catatan TNKS menyebut, Danau Kaco cenderung sedikit dihuni oleh biota air seperti ikan, zooplankton dan fitoplankton. Di danau tersebut menjadi tempat hidupnya ikan semah (Tor douronensis). Karena keunikan yang dimiliki Danau Kaco ini, banyak peneliti, pemerhati alam, dan wisatawan yang melakukan penelitian di sana. (MC/PC)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.