Mengenal 7 Summits Indonesia

Penampakan Gunung Kerinci dari Desa Kersik Tuo, Jambi (Mounture.com/Ahmad Budiana)

Mounture.com — Dalam dunia pendakian ada nama sebutan seven summits, yang berarti 7 puncak tertinggi yang ada di gunung di seluruh belahan bumi. Dari 7 puncak itu, Gunung Everest menempati posisi pertama sebagai puncak gunung tertinggi di dunia.

Sama halnya di Indonesia, di mana ada juga sebutan 7 summits yang terbentang dari Sabang – Merauke. Namun bedanya adalah 7 puncak yang ada di Indonesia itu diklasifikasikan berdasarkan 7 puncak gunung tertinggi yang ada di 7 pulau, dan kepulauan di Indonesia.

Nah, berikut ini 7 puncak gunung tertinggi (seven summits) yang ada di Indonesia.

1. Puncak Jaya atau Cartensz Pyramid (Barisan Sudirman, Pegunungan Jayawijaya, Papua) dengan ketinggian puncak mencapai 4.884 meter di atas permukaan laut (mdpl). Puncak Jaya ini juga masuk ke dalam salah satu 7 Summit di 7 benua dunia versi Reinhold Messner.

2. Puncak Indrapura (Gunung Kerinci, Sumatera Barat – Jambi) dengan ketinggian 3.805 mdpl. Puncak Indrapura merupakan puncak tertinggi yang ada di Pulau Sumatera, dan biasanya disebut sebagai atap Sumatera. Gunung Kerinci ini berlokasi di dua provinsi, yaitu Sumatera Barat, dan Jambi.

3. Puncak Rinjani (Gunung Rinjani, Lombok, Nusa Tenggara Barat) dengan ketinggian 3.726 mdpl. Gunung yang memiliki 4 jalur pendakian resmi, yakni Senaru, Sembalun, Timbanuh dan Aik Berik itu memiliki pesona alam berupa danau yaitu Danau Segara Anak.

4. Puncak Mahameru (Gunung Semeru, Lumajang, Jawa Timur) dengan ketinggian 3.676 mdpl. Puncak Mahameru merupakan puncak gunung tertinggi yang ada di Pulau Jawa yang terletak di dua kabupaten, yaitu Malang dan Lumajang, Jawa Timur. Gunung ini juga memiliki pesona alam nan elok berupa danau Ranukumbolo.

5. Puncak Rantemario (Gunung Latimojong, Enrekang, Sulawesi Selatan) dengan ketinggian 3.478 mdpl. Puncak tertinggi di Pulau Sulawesi ini terletak di kabupaten Enrekang, Sulawesi Selatan. Rute pendakiannya bisa dimulai dari desa Karangan.

6. Puncak Binaiya (Gunung Binaiya, Maluku) dengan ketinggian 3.027 mdpl. Gunung ini terletak di pulau Seram dalam wilayah Kabupaten Maluku Tengah. Rute pendakian gunung yang masuk ke dalam Taman Nasional Manusela ini bisa dimulai dari desa Kanike.

7. Puncak Kakam (Gunung Bukit Raya, Kalimantan Tengah) dengan ketinggian 2.278 mdpl. Puncak gunung tertinggi di Pulau Kalimantan sebenarnya adalah Gunung Kinabalu namun gunung tersebut berada di wilayah negara Malaysia. Oleh karenanya Gunung Bukit Raya menjadi puncak tertingginya. Rute pendakian bisa dimulai dari Desa Kasongan di Kalimantan Tengah dan Desa Rantau Malam. (MC/PC)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.