Lakukan Tiga Hal Mudah Ini untuk Gunung Tetap Lestari

Ilustrasi gunung (Mounture.com/DenChito)

Mounture.com — Saat ini kondisi gunung yang ada di Indonesia terbilang cukup mengkhawatirkan, sebab belakangan ini gunung-gunung yang menjadi destinasi wisata alam cenderung dipenuhi dengan sampah-sampah pengunjung. Selain itu, maraknya perburuan satwa pun menjadi momok tersendiri bagi penghuninya.

Bagi kalian yang suka melakukan kegiatan di alam bebas, sudah saatnya untuk melakukan gerakan untuk menjaga gunung tetap lestari. Dan bagi yang baru akan mencoba melakukan aktivitas tersebut, ada baiknya kalian mengetahui tiga hal mudah yang bisa dilakukan agar gunung tetap lestari.

Berikut ini tiga hal yang bisa kalian lakukan agar gunung-gunung yang ada di Indonesia tetap lestari.

1. Jangan mengambil apapun

Selalu ingat untuk tidak mengambil apapun ketika beraktivitas di gunung, kecuali mengambil foto. Biarlah alam tetap lestari tanpa kalian ambil apapun itu.

2. Jangan tinggalkan apapun

Saat melakukan kegiatan pendakian, pastikan kalian tidak meninggalkan apapun kecuali jejak yang kalian lakukan di jalur pendakian. Artinya kalian tidak boleh meninggalkan apapun itu bentuk di gunung-gunung yang kalian kunjungi. Selalu bawa turun sampah kalian.

3. Jangan bunuh apapun

Menemui berbagai jenis flora atau fauna di gunung merupakan hal biasa. Kendati demikian, kalian tidak boleh membunuh apapun itu alasannya, gunanya untuk menjaga kelestarian alam. Semboyan ‘Jangan Bunuh Apapun, Kecuali Waktu’ perlu kalian ingat saat melakukan kegiatan di alam bebas.

Jika benar mengaku pecinta alam, maka sudah seharusnya kalian peduli dan menjaga alam itu agar tetap lestari dan bisa dinikmati oleh anak cucu kalian kelak. (MC/PC)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.