Keunikan Gunung Abang di Bali

Puncak Gunung Abang di Bali (dok. zufarfauzan.blogspot.com)

Mounture.com — Gunung Abang merupakan salah satu gunung tertinggi ketiga di Pulau Bali, setelah Gunung Agung dan Gunung Batukaru. Gunung yang terletak di Desa Abangsongan, Kecamatan Kintamani, Kabupaten Bangli, Bali ini memiliki ketinggian 2.152 meter di atas permukaan laut (mdpl).

Gunung ini memiliki pesona yang luar biasa ketika sudah berada di puncaknya yakni bisa melihat danau terluas di Bali yaitu Danau Batur serta Gunung Batur yang terlihat berdiri kokoh dan gagah. Untuk bisa mencapai puncak Gunung Abang ini pendaki bisa melakukan perjalanan kurang lebih tiga sampai empat jam tergantung kondisi fisik masing-masing.

Jalur pendakian Gunung Abang terbilang unik, sebab pendaki akan melintasi punggungan dengan sisi kanan-kirinya adalah jurang yang lumayan terjal dan dalam. Namun, tak usah khawatir, karena jalur pendakian Gunung Abang ini didominasi dengan pepohonan yang rimbun.

Namun, pendaki harus ekstra hati-hati, pasalnya jalur pendakiannya bisa dikatakan tidak ada bonus alias tidak ada turunan dengan sudut kemiringan yang agak curam. Jika musim hujan, gunung ini seringkali ditutup karena kondisi jalur tanah yang licin, curam dan susah dilewati jika terkena hujan.

Selain itu, ada juga keunikan lainnya, yaitu pendaki akan menemui Pura, tempat umat Hindu bersembahyang. Pura yang ada di Gunung Abang ini disebut merupakan lokasi sembahyang umat Hindu di waktu tertentu.

Pendaki akan menemui Pura itu di sepanjang pos pendakian gunung hingga puncak, dan juga beberapa lokasi ketinggian. Bahkan, di puncak gunung terdapat Pura yang cukup besar. (MC/PC)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.