Ini Panduan dalam Perencanaan Pendakian

Ilustrasi pendaki gunung (dok. Instagram/@nellaa.sr)

Mounture.com — Sebelum benar-benar melakukan pendakian ke gunung, pendaki harus membuat perencanaan dengan matang. Gunanya adalah untuk kelancaran pendakian yang akan dilakukan agar setidaknya meminimalisir hambatan saat perjalanan, sebab gunung menyimpan potensi membahayakan dibalik semua keindahan dan tantangannya.

Dirangkum dari berbagai sumber, berikuti ini beberapa panduan untuk mempersiapkan perjalanan dengan baik melalui perencanaan pendakian.

1. Kenali daerah yang akan dituju

Sebelum melakukan pendakian, ada baiknya melakukan survei terhadap daerah yang akan dilalui saat pendakian. Mudahnya, kalian bisa meminta saran ataupun menanyakan detailnya kepada orang-orang yang sudah pernah mendaki ke gunung yang akan kalian tuju.

2. Amati cuaca

Hampir di sebagian besar gunung memiliki karakteristik cuaca yang berbeda-beda dan cenderung mempunyai cuaca yang tak terduga pula. Namun, ada musim-musim terbaik untuk pendakian di setiap daerah tujuan. Yang perlu diperhatikan adalah perubahan cuaca tiba-tiba yang sering terjadi. Bahkan waktu satu menit dapat membuat cuaca yang cerah tiba-tiba menjadi gelap atau terjadinya badai gunung.

3. Gunakan pemandu

Bagi kalian yang tidak sempat untuk mencari tahu mengenai gunung yang akan kalian daki, alternatifnya adalah menggunakan pemandu gunung. Setidaknya perjalanan kalian akan lebih banyak mendapatkan kemudahan dan biasanya pemandu juga akan memberikan edukasi tentang daerah yang dilalui.

4. Bawa perlengkapan memadai

Mendaki gunung bukanlah aktivitas yang mudah, oleh karena itu perlengkapan yang memadai sangatlah dibutuhkan. Persiapan perlengkapan yang cukup dan memadai menjadi kunci dalam keberhasilan pendakian. Mulai dari peralatan, logistik hingga obat-obatan.

5. Persiapan fisik

Aktivitas mendaki gunung membutuhkan tenaga ekstra untuk melakoninya, maka itu persiapan fisik menjadi utama. Lakukan pemanasan yang cukup akan menghindari cedera kram atau kejang otot tiba-tiba. Biasanya para pendaki melakukan persiapan selama dua bulan sebelum berlangsungnya perjalanan pendakian secara teratur.

6. Pilih pakaian yang sesuai

Pakaian yang digunakan dan dibawa juga menjadi hal penting. Sebab, udara di gunung sangat berbeda dengan udara di perkotaan atau lokasi lainnya. Untuk mengantisipasi udara dingin pada ketinggian kalian bisa menggunakan bahan yang tebal dan hangat, namun perlu diperhatikan juga keleluasaan saat bergerak setelah menggunakannya.

7. Gunakan porter

Bagi kalian yang merasa memiliki keterbatasan tenaga atau mudah lelah saat pendakian. Disarankan untuk menggunakan jasa porter untuk membawa barang-barang kalian. Dengan semakin ringan beban yang dibawa dan membaginya secara bersama, maka akan membuat kalian lebih leluasa melakukan kegiatan.

8. Persiapan mental

Tak melulu soal fisik, persiapan mental juga dibutuhkan saat melakukan pendakian. Pastikan selalu berpikir positif saat pendakian, selain itu kalian juga harus mampu menjaga mental untuk mencapai tujuan namun juga jangan sampai kalian terlalu percaya diri secara berlebihan. Percaya pada diri sendiri untuk bisa mencapai tujuan biasanya akan membuat perjalanan pendakian berhasil dengan baik. (MC/PC)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.