Ini Hal yang Dilarang saat Mendaki Gunung

dok. http://ksdasulsel.menlhk.go.id/

Mounture.com — Melakukan pendakian ke gunung pastinya akan banyak menguras tenaga, maupun mental. Oleh karenanya mempersiapkan fisik dan mental menjadi hal yang wajib bagi pendaki.

Selain itu, sebelum melakukan pendakian ke gunung pun, pendaki diminta untuk paham mengenai hal-hal yang dilarang saat ingin melakukan pendakian. Nah, berikut ini beberapa hal yang dilarang atau tidak boleh dilakukan saat melakukan pendakian ke gunung.

1. Mendaki secara ilegal

Melakukan pendakian secara ilegal atau tanpa izin pengelola jalur pendakian merupakan suatu hal yang melanggar aturan. Selain itu, mendaki dengan ilegal juga berpotensi bahaya, di mana jika terjadi hal yang tidak diinginkan maka pihak pengelola atau tim SAR tidak akan mengetahui dan juga tidak bertanggung jawab atas kejadian yang menimpa pendaki ilegal.

2. Buat jalur baru

Membuat jalur baru saat melakukan pendakian merupakan hal yang sangat dilarang, di mana akan menimbulkan potensi bahaya. Adapun untuk membuat jalur baru tidak serta merta langsung bisa dilakukan begitu saja, tetapi juga harus mendapatkan izin dari pihak pengelola gunung ataupun basecamp.

3. Tubuh dalam kondisi tidak sehat

Melakukan pendakian ke gunung berarti kalian harus dalam kondisi sehat. Sebab, mendaki gunung membutuhkan kekuatan fisik dan mental. Jikalau dalam kondisi tidak sehat, lebih baik urungkan niat untuk melakukan pendakian, jangan memaksa untuk mendaki yang mana akan membahayakan diri sendiri, dan juga orang lain pastinya.

4. Mengubah atau merusak petunjuk jalan

Biasanya di jalur pendakian kalian akan menemui papan-papan petunjuk arah atau jalan maupun papan yang memberitahukan lokasi atau pos yang ada di jalur pendakian. Nah, kalian sangat dilarang untuk mengubah maupun merusak papan petunjuk itu. Sebab, kalian bisa membahayakan diri orang lain.

5. Buang sampah sembarang

Hal ini sudah sangat sering dihimbau oleh para pengelola jalur pendakian, ataupun pendaki-pendaki lain. Sebab, gunung bukan tempat sampah, jadi bawa kembali sampah kalian untuk turun. Jika tak mampu membawa sampah kalian, maka makanlah sampah itu.

6. Vandalisme

Melakukan aksi corat coret di gunung merupakan perbuatan yang sangat dilarang, di mana hal itu membuat gunung menjadi kotor dan juga merusak kelestarian alam. Jadi jangan sekali-kali melakukan tindakan ini, jika tidak ingin di jerat hukuman oleh pengelola.

7. Merusak tumbuhan dan berburu binatang

Melakukan kegiatan pendakian berarti kalian harus peduli akan kelestarian alam. Oleh karenanya, dilarang untuk melakukan perusakan pada tumbuhan, seperti memetik bunga, menebang pohon dan lainnya. Selain itu, melakukan perburuan binatang juga dilarang sebab akan merusak ekosistem alam yang ada. (MC/RIL)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.