Catatan Perjalanan Gunung Sindoro via Kledung

Gunung Sindoro (dok. Shutterstock)

Mounture.com — Gunung Sindoro yang terletak di antara Kabupaten Wonosobo dan Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah merupakan salah satu destinasi favorit para pendaki gunung. Adapun gunung dengan ketinggian 3.153 meter di atas permukaan laut (mpdl) itu memiliki dua jalur pendakian populer, yaitu via Kledung, dan Sikatok.

Namun, kali ini Mounture.com akan membahas mengenai mendaki Gunung Sindoro via Kledung. Untuk sampai ke desa Kledung, pendaki bisa menggunakan moda transportasi bus jurusan Magelang-Wonosobo. Perlu diketahui, jika mendaki Gunung Sindoro via Kledung terdapat 4 pos pendakian sebelum puncak.

Untuk memulai pendakian via jalur Kledung ini pendaki akan mulai dari ketinggian kurang lebih 1.396 mdpl. Dari basecamp pendakian, pendaki akan menyusuri jalan bebatuan melintasi pertanian penduduk ke pos 1. Namun, jika kalian ingin lebih menghemat waktu, bisa juga menggunakan moda transportasi ojek loh.

Untuk naik ojek, pendaki harus merogoh kocek sebesar Rp15 ribu (sampai dengan Pos Ojek yaitu antara Pos 1 ke Pos 2).

Setelah melewati pertanian dan bibir hutan, pendaki akan sampai di Watu Gede di ketinggian 1.900 mdpl. Perjalanan bisa dilanjutkan ke Pos 2 dengan ketinggian 2.120 mdpl. Kontur jalanan mulai bervariasi dari rata hingga menanjak, namun belum terlalu berat. Waktu yang dibutuhkan ke Pos 2 sekitar dua jam perjalanan. Menariknya, di Pos 2 ini pendaki akan menemui warung.

Sementara dari Pos 2 ke Pos 3 pendaki akan dihadapkan dengan jalur yang lumayan menantang dengan trek akan menanjak. Namun, jangan khawatir ini merupakan jalan terakhir yang menanjak. Waktu tempuh ke Pos 3 bisa memakan sekitar tiga jam dengan ketinggian 2.530 mdpl.

Di lokasi ini, pendaki bisa mendirikan tenda, sebelum menuju ke puncak keesokan harinya. Setelah itu, perjalanan bisa diteruskan melewati hutan lamtoro dan akan tiba di Pos 4 Batu Tatah. Sebelum sampai puncak Gunung Sindoro, pendaki akan disambut padang edelweiss.

Perlu dicatat, ketika sampai di puncak, kawah Gunung Sindoro akan mengeluarkan aroma belerang yang cukup menyengat. Batas waktu aman berada di lokasi ini adalah hingga jam 12 siang. Selain itu, di jalur via Kledung ini terdapat makam KH Santri yang memang banyak yang tidak menyadari, sebab jaraknya yang cukup jauh dari Puncak via Kledung. (MC/PC)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.