0

Gunung Kerenceng, Si Kecil Cabe Rawit

  • 23 Oktober 2018 08:01

(Mounture.com) — Gunung Kerenceng yang terletak di perbatasan antara Cicalengka dan Sumedang, Jawa Barat ini merupakan salah satu gunung yang mempunyai karakteristik tersendiri. Gunung ini masih terbilang belum ramai oleh pendaki-pendaki, oleh karena itu gunung ini juga belum ada yang mengelola.

Gunung dengan ketinggian 1.765 meter di atas permukaan laut (mdpl) ini disebut beberapa pendaki sebagai gunung kecil-kecil cabe rawit. Pasalnya, gunung yang tidak terlalu tinggi ini memiliki jalur yang cukup menantang dengan dipenuhi oleh rerumputan dan memiliki banyak cabang.

Pendakian ke gunung ini dimulai dari Kampung Jambuaer ataupun Desa Sindulang Kecamatan Cimanggung. Selain Kampung Jambuaer, ada satu titik pendakian yang bisa kalian mulai yaitu melalui Kampung Situhiang, Desa Tegalmanggung Kecamatan Cimanggung.

Untuk mendaki gunung ini, kalian akan menempuh perjalanan kurang lebih 2-4 jam perjalanan dengan kontur jalan menanjak yang cukup menguras tenaga tanpa ada jalur landai atau biasa disebut oleh pendaki ‘bonus’.

Sementara untuk menuju puncaknya, kalian akan melalui jalur sempit yang hanya bisa dilalui oleh satu orang dengan jurang ada di sisi kiri dan kanan. Adapun untuk mendirikan tenda atau camp, di gunung ini tersedia lahan untuk sekira 3 tenda. (MC/DC)

Sumber dan Foto: Instagram/@rchmwtdewi